KORANMANDALA.COM – Seusai Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan Nomor 90/PUU-XXI/2023 yang pada Senin, 17 Oktober 2023, peluang Wali Kota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka menjadi Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) belum sirna.

Bahkan, dukungan kepada Gibran untuk melenggang ke kontestasi Pilpres 2024, sudah mulai bermunculan. Dukungan terhadap putra sulung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi Cawapres muncul di Kota Bandung.

Kalangan santri, petani, buruh, ibu-ibu, hingga UMKM di kawasan Bandung Raya mendukung Gibran maju sebagai Cawapres sambil menggelar acara Panggung Rakyat di Kiara Artha Park, Kota Bandung pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Ketua penyelenggara, Adhia Ahmad Turmudzi mengungkapkan, acara diselenggarakan oleh pihaknya untuk mendorong Gibran maju ke kontestasi politik Pilpres 2024.

Baca Juga: Prabowo Subianto Rayakan Ulang Tahun Sekaligus Umumkan Cawapres, Nama Gibran Rangkabuming Jadi Sorotan

“Alasannya untuk mendorong Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden atau pun wakil presiden,” kata Adhia di tempat.

Apalagi, MK sudah memutuskan bahwa seseorang yang berpengalaman sebagai kepala daerah di tingkat provinsi atau kabupaten/kota bisa menjadi Capres dan Cawapres. Untuk itu, Gibran sebagai pemimpin muda patut didorong untuk mengikuti Pilpres 2024.

“Segi batas usia, hasil ketuk palu itu tetap 40 tahun, tapi ada klausul yang menyatakan bahwa ada pemimpin daerah yang memiliki potensi itu boleh (mengikuti Pilpres),” ucapnya.

Baca Juga: Profil Almas Tsaqibbirru Mahasiswa Universitas Surakarta yang ‘Taklukan’ MK, Blak-Blakan Akui Kagumi Gibran

Di mata para simpatisan ini, sosok Gibran Rakabuming merepresentasikan pemimpin muda yang berhasil membawa daerahnya ke arah yang lebih maju.

Hal itu dibuktikan dengan menurunnya angka kemiskinan di Solo era kepemimpinan Gibran Rakabuming dalam dua tahun terakhir.

“Yang kami pertimbangkan adalah hasil kinerjanya di Solo, salah satunya yang menjadi permasalahan di kita adalah ekonomi. Nah dalam dua tahun itu, Mas Gibran berhasil menurunkan angka kemiskinan di Solo,” ucapnya.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version