KORANMANDALA.COM– Jembatan Citarum lama di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung yang mengalami retakan, akan dibangun lagi menjadi jembatan baru di tahun 2024.

Anggaran yang disiapkan pemerintah pusat, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemkab Bandung sebesar Rp 55 miliar.

Ha itu dipastikan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat meninjau jembatan Dayeuhkolot bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna, Sabtu 2 Desember 2023.

“Jembatan Dayeuhkolot ini memang sudah ada yang retak. Sehingga hari ini saya meninjau dan kami upayakan bisa mulai diperbaiki atau dibangun jembatan yang baru dan sudah tidak bisa bertumpu lagi pada jembatan yang lama,” kata Bey kepada wartawan.

BACA JUGAQuattrick! Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Badan Publik Informatif 4 Kali Berturut-turut

Diupayakan pembangunan fisik mulai tahun depan, karena kebutuhan dan menimbulkan kemacetan.

“Kalau ada retakan kan membahayakan. Jangan sampai ambruk,” tandas Bey.

Di tempat sama, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku bahwa soal pembangnan jembatan Dayeuhkolot baru itu sebelumnya ia sampaikan  saat rapat kordinasi kepala daerah se-Jawa Baraat di Bandara Kertjati Majalengka.

“Saya menyampaikan, salah satu prioritas itu adalah jembatan Citarum di Dayeuhkolot yang kondisinya retak dan harus segera dibangun kembali. Alhamdulillah Pak Pj. Gubernur Jawa Barat respon dan langsung lihat lokasi,” tutur bupati.

BACA JUGAPj Bupati Sumedang Usulkan Penataan Kawasan Jatinangor dan Perbaikan Bendung Cariang Ujungjaya

Menurutnya, Pemkab Bandung pun akan mendukung pembangunan jembatan baru tersebut, terutama jika diperlukan adanya pembebasan lahan.

“Kalau misalkan ada kendala ada sebagian tanah yang harus dibebaskan, ya APBD Kabupaten Bandung juga akan dorong demi percepatan pembangunan jembatan Dayeuhkolot ini,” tutur Bupati Bandung.

Bupati Bedas menandaskan jangan sampai kondisi jembatan yang retak itu dibiarkan lama, karena jembatan ini sangat vital dibutuhkan untuk lalu lintas kendaraan.

BACA JUGAPemkab Bandung Luncurkan Program Bedas Caang Baranang untuk yang Belum Nikmati Listrik

“Yang jelas pembangunan jembatan baru Dayeuhkolot ini jadi prioritas tahun depan,” tandas bupati. (suhe)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version