KORANMANDALA.COM – Timnas Indonesia dikalahkan Australia 4-0. Meski sudah diramal bahwa Australia lawan berat, tetapi ternyata karena beberapa sebab membuat Indonesia harus angkat koper dari Qatar.

Salah satu yang krusial adalah karena kehilangan performance di babak kedua. Bermain di babak pertama meski kebobolan dua gol namun permainan yang ditampilkan tim asuhan Shin Tae-yong sangat bagus. Media Malaysia sempat memuji tim Indonesia.

Memasuki babak kedua terlihat berubah. Penampilan menjadi menurun. Beberapa peluang yang dibuat Tim Indonesia gagal diselesaikan dengan baik. Lini pertahanan Timnas Indonesia rentan diterobos. Asnawi Mangkualam beberapa kali kehilangan bola, bahkan gol kedua Australia berasal terjadi akibat akibat kesalahan mantan pemain Jeonnam Dragons yang telat menutup lawan.

BACA JUGA: Pengamat Sepakbola, Strategi Tim Indonesia Jangan Man to Man Marking

Lini depan Indonesia kurang tajam bahkan Rafael Struick yang ditugaskan sebagai ujung tombak bermain kurang akurat sehingga tembakan Garuda kerap gagal. Ada saja kesalahan seperti telat mengambil keputusan, salah mengumpan, dan salah posisi sehingga rekannya pun kesulitan.

Di luar kelemahan Tim Indonesia, dari sisi kelas pun memang Tim Asuhan Shin Tae-yong ini kalah kelas dari Australia.

Sebelumnya dari data yang ada, tercatat Indonesia sudah bertemu 14 kali dengan Australia (termasuk yang malam ini). Dari 13 penampiolan itu, Tim Indonesia kalah 9 kali, seri 3 kali dan menang 2 kali. Meski demikian, Indonesia mencatat sejarah berhasil masuk ke 16 besar Piala Asia.

Hal itu karena Australia bermain sangat efektif. Sebagai pengingat Australia berada di peringkat 25 dalam ranking FIFA, sedangkan Timnas Indonesia di posisi 146 dunia. Dari ranking FIFA kedua tim sudah memperlihatkan perbedaan level kedua tim.

Dalam pertandingan ini, Australia berhasil memimpin 1-0 di menit ke-12 melalui tembakan dari Jackson Irvine.

Gol kedua untuk Australia tercipta pada menit ke-45. Bola umpan silang Gethin Jones ke tiang jauh berhasil disundul Martin Boyle. Gawang Indonesia bobol lagi di menit ke-88. Craig Goodwin mengubah skor Australia menjadi 3-0 setelah menyambar bola rebound.

Sementara gol keempat tercipta di injury time. Harry Souttar mencetak lewat sundulan untuk membawa Australia menang 4-0 dan sekaligus mendepak Indonesia.

BACA JUGA: Sejumlah Oknum Anggota Brimob Keroyok Suporter Sepakbola

Susunan Pemain:

Australia: Mathew Ryan; Kyle Rwles, Jordan Bos, Harry Souttar, Gethin Jones, Aziz Behich; Riley McGree, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli.

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott,Shayne Pattynama;Yakob Sayuri,Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan;Rafael Struick.

Sumber:

Editor: Iwan Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version