KORANMANDALA.COM – Caleg stres diprediksi akan bermunculan pasca perhelatan pemilu. Pengalaman pemilu sebelumnya, selalu ada saja para caleg yang stres lantaran sudah menghabiskan uang banyak tetapi tidak terpilih.

Mengantisipasi hal itu, sejumlah rumah sakit di Jawa Barat menyiapkan ruang khusus untuk perawatan calon legislatif yang gagal menjadi anggota DPR RI/DPRD propinsi dan DPRD Kota kemudisn mengalami depresi.

Salah satu rumah sakit yang menyediakan tempat khusus yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Dinata (Otista), Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di tempat ini, manajemen RS menyiapkan 10 ruangan khusus bagi calon anggota legislatif (caleg) yang kejiwaannya terganggu akibat gagal pada Pemilu 2024.

BACA JUGA: Bambang Tirtoyuliono: Pemilu di Kota Bandung Aman dan Terkendali

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Otista, Soreang, dr Marsudi Sp.Kj, seperti dikutip dari Antara mengatakan, setiap ada kegiatan Pemilu, RS selalu menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan untuk caleg-caleg yang mengalami stres setelah Pemilu, terutama bagi caleg-caleg yang kalah.

Menurut Marsudi, ruangan khusus berupa ruang isolasi disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada caleg mengidap depresi atau gangguan jiwa. Biasanya depresi atau stres terjadi usai dirinya tidak terpilih menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Selain rumah sakit di Soreang, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung juga menyiapkan ruang perawatan jiwa khusus bagi para calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami gangguan jiwa akibat gagal dalam Pemilu 2024.

1 2 3
Sumber:

Editor: Tatang Suherman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version