KORANMANDALA.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Wenti Prihadianti mengajak insan media untuk menjaga sinergisitas dalam menjaga tranparansi selama tahan Pilkada.

Kata Wenti, peran media sangat penting untuk menjaga tranparansi seluruh tahapan Pilkada 2024 yang akan digelar tangga 27 November 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Prihadianti saat membuka Media Gathering KPU Kota Bandung dengan Media Massa di Hotel El Royale, Senin, 3 Juni 2024.

“Tanpa adanya peranan media, informasi terkait kepemiluan Pilkada tidak akan tersampaikan ke masyarakat,” kata Wenti.

BACA JUGA : Ketua KPU Kuningan Lantik 1.128 PPS

Menurutnya, pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Tanpa rekan jurnalis semua proses dan tahapan demokrasi tidak dapat berjalan dengan baik.

Dia berharap etika jurnalistik dapat terus diterapkan terutama dalam melakukan “check and recheck” terhadap suatu isu pemberitaan. Wenti juga mendorong keseimbangan informasi terhadap upaya KPU dalam pelaksanaan Pilkada.

Pada pelaksanaan Pemilu, kata dia, masih banyak terdapat tantangan di tengah media massa dan masyarakat.

Di antaranya indepedensi media, misinformasi, disinformasi, dan terbatasnya sumberdaya pengelolaan informasi pada media

Oleh karena itu, KPU terus menjalin silaturahmi dengan awak media.

“Kolaborasi dengan media ini sangat membantu sekali untuk kami dan sebagai transparansi dari setiap tahapan Pemilu ataupun Pilkada,” ujarnya.

Di luar itu, Wenti mengatakan, dalam waktu dekat KPU akan meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Kota Bandung. Rencananya, peluncuran tersebut akan dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung.- Pan

Sumber:

Editor: Ipan Sopian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version