KORANMANDALA.COM – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh membagikan tips mengelila dagin hewan kurban yang benar.

Kata Wilsandi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengelola daging hewan kurban.

Salah satunya terang Wilsandi mengelola daging harus matang sempurna. Pertama cuci bersih dulu, tempatnya bersih, air mengalir, lebih baik dibekukan terlebih dahulu.

Baca Juga : SUASANA LEBARAN HAJI MASIH TERASA! 17 Akun FF Sultan Gratis Hari Ini Selasa 18 Juni 2024, Skin Mahal dan Emote Unik Menanti Anda

“Terpenting itu wajib dimasak dengan sempurna,” Kata Wilsandi Selasa 18 Juni 2024.

Menurutnya, sanitasi menjadi kunci utama untuk pengolahan. Seperti pisau, tangan, hingga tempat untuk mengemasnya.

“Di cuci bersih dulu dengan air mengalir. Tangan juga dicuci menggunakan sabun. Alat potongnya harus bersih, disarankan tempat pemotongan jangan dari bahan kayu, karena ketika dibersihkan masih ada sisa kayu yang menempel, lebih baik plastik yang sesuai peruntukan,” jelasnya.

Wilsandi menyarankan alas pemotongan menggunakan bahan plastik, sehingga daging yang masih mengandung berbagai macam kuman dan sebagainya bersih ketika dicuci.

“Takut masih ada sisa yang menempel di kayu. Jadi bahan plastik yang sesuai peruntukannya atau foodgrade,” ungkapnya.

Selain itu, untuk meminimalisir sampah, disarankan untuk menggunakan bahan foodgrade. Bahan ini pun bisa dipakai berulang-ulang.

1 2
Sumber:

Editor: Ipan Sopian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version