Namun lagi-lagi kiper Georgia Mamardashvili  melakukan penyelamatn gemilang. Ia cepat keluar kotak penalti dan meninju bola dengan satu tangan untuk menghilangkan bahaya.

Bola yang ditinju kiper jatuh ke kaki Conceicao dari Portugal. Sayangnya, tembakan kaki kirinya nyaris membentur tiang.

Semenit kemudian, pemain Portugal Joao Felix mendapat peluang luar biasa. Ia menerima bola dari jarak 25 meter dari gawang Georgia dan melepaskan tembakan kuat. Meski tembakannya sangat cepat dan berbahaya, namun bola meleset dari gawang, sehingga membuat para pemain dan suporter Portugal menyesal.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, pada menit ke-56 pertandingan, Georgia mendapat hadiah tendangan penalti. Mikautadze-lah yang melakukannya.

Dia menendang bola ke arah pojok bawah gawang. Kiper Portugal Diego Costa menebak arah dengan benar dan nyaris menyentuh bola, namun pada akhirnya bola tetap lolos ke gawang. Georgia menambah skor menjadi 2-0.

Pada menit 67, pelatih asal Portugal itu memutuskan melakukan pergantian pemain. Goncalo Ramos masuk menggantikan Cristiano Ronaldo. Ronaldo – sebagai kapten, tampil tidak senang saat harus meninggalkan lapangan.

Di menit-menit berikutnya, Portugal terus menyerang, namun tak mampu mencetak gol balasan hingga peluit panjang berbunyi.

Georgia akhirnya membuat kejutan besar  mengalahkan Selecao Eropa dengan skor 2-0, hingga lolos ke babak sistem gugur Euro dalam partisipasi pertama mereka.

Dengan hasil ini, Portugal akan bertemu Slovenia di babak 16 besar, sedangkan Georgia akan menghadapi Spanyol – satu-satunya tim dengan 9 poin di fase grup Euro 2024 tahun ini.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version