KORANMANDALA.COM – Grand Launcing ‘Pasar Kreatif Jawa Barat 2023’ telah resmi dibuka oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) di Cikutra, Kota Bandung pada Jumat, 7 Juli 2023.

Masih di hari yang sama, Pekan Kreatif Jawa Barat yang juga akan dibuka pada hari yang sama di Gedung Sate Bandung.

Apa itu Pasar Kreatif Bandung? Rencananya pembangunan tempat ini sebagai komitmen pemerintah Jawa Barat menumbuhkan ekonomi kreatif.

Dikutip Koran Mandala dari laman jabarprov, terdapat 32 tenant yang telah menempati area pasar, semuanya berasal dari UMKM.

“Oleh karena itu, sebuah tempat di wilayah Bandung ini dijadikan Pasar Kreatif yang bentuknya bukan gedung supertimal, namun kawasan yang unik yang terbuka bagi siapa pun,” ujar Ridwan Kamil, Sabtu (7/7/2023).

Semua barang di Pasar Kreatif merupakan hasil produk lokal di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

Lahan tempat Pasar Kreatif Jabar berada adalah aset Dinas Perindustrian dan Perdagangan, namun pengelolaannya akan dipegang oleh PT Jaswita, yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Jabar.

Dalam pengelolaan pasar ini, harapannya adalah dapat memperoleh keuntungan.

Hal ini diharapkan dapat membantu sektor UMKM dan industri kreatif dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi serta menyerap tenaga kerja secara lebih luas.

Saat ini, Jawa Barat telah memberikan kontribusi sebesar 20,73% terhadap PDB ekonomi kreatif nasional, namun belum memiliki pusat ekonomi kreatif yang representatif.

Acara peresmian dimulai dengan sesi Pound Fit di pagi hari yang dipandu oleh komunitas EVOFITCamp.

Selanjutnya, akan ada penampilan dari Angklung Disparbud Jabar, Utama Choir, Bandung Beatbox, Stand Up Indo Bandung, Tataloe Percussion, The Panturas, dan Club Dangdut Racun.

Selain itu, akan disediakan berbagai permainan yang dapat dinikmati hingga hari Minggu, 9 Juli 2023, seperti King Hammer, Dart Soccer, Boxing Arcade, dan Car Simulator.

Pasar Kreatif Jabar juga akan menyediakan booth komunitas untuk memfasilitasi berbagai komunitas kreatif.

Selain itu, para pelaku ekonomi kreatif tidak hanya dapat memasarkan produk atau usaha mereka, tetapi juga dapat mengadakan berbagai acara di Pasar Kreatif Jabar.

Pasar Kreatif Jabar menawarkan bangunan dengan fasad yang unik dan instagramable, sehingga cocok untuk menjadi tempat berkumpul bersama teman, rekan bisnis, atau keluarga. Akses ke Pasar Kreatif Jabar tidak dipungut biaya alias gratis.

Pasar Kreatif Jabar terletak di kawasan Cikutra, dekat Taman Makam Pahlawan, dengan alamat Jalan Pahlawan Nomor 70, Kota Bandung.

Ridwan Kamil menyebutkan ini baru tahap satu. Nanti diteruskan sampai tahap-tahap selanjutnya sampai semua produk-produk dari 27 kota dan kabupaten. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version