KORANMANDALA.COM- Sejak awal bulan Ramadhan, Situs Keramat Kalijaga Kota Cirebon, banyak dikunjungi pendatang dari berbagai penjuru kota.

Lokasi itu menjadi ajang ngabuburit sambil menunggu saat berbuka puasa. Lahan Situs Keramat seluas dua hektar itu dihuni oleh monyet-monyet liar. Mereka kerap turun ke jalan atau menyeberangi sungai yang tak jauh dari Situs Keramat. Sebagian terlihat berjalan menggendong anaknya.

Menurut Jojo, warga Gunungsari Cirebon, monyet-monyet liar itu sangat bersahabat dengan pengunjung bahkan mereka sudah terbiasa berhadapan dengan pengunjung.  Mereka nampak senang saat pengunjung mendekat sambil melemparkan makanan berupa kacang atau buah pisang.

Rebutan menangkap buah pisang atau makanan lainnya itu, menjadi tontonan menarik dan ajang hiburan bagi para pengunjung.

Obyek wisata fauna di Situs Keramat itu,  memiliki daya tarik tersendiri. Selain gratis juga dapat melihat monyet-monyet liar dari dekat sambil memberi makanan, ujar Edi (29) pengunjung asal Harjamukti Cirebon.

Pengunjung lainnya, Saerah (41), sengaja ngabuburit ke Situs Keramat ini, sambil menunggu bedug magrib.

Wisata ke sini murah meriah, kita tidak dipungut tiket. Kalau toh mengeluarkan uang tak lebih Rp 5.000, sekedar membeli buah pisang atau kacang untuk memberi makanan monyet.

Sementara itu, wisata serupa di Plangon Desa Babakan kecamatan Sumber juga ramai dikunjungi setiap bulan Ramadhan. Di lokasi wisata Plangon ini dikenal pula banyak monyet liar yang kerap turun ke tepi jalan.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version