KORANMANDALA.COM – Pengurus PWI Jabar menggelar road show Uji Kompetensi keWartawanan (UKW) angkatan 64 dan 65.

Kegiatan tersebit dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (19-20 Juli 2023), dibuka secara resmi Oleh Gubernur Jawa, Barat Ridwan Kamil, di Ballroom Hotel Aston Cirebon yang diikuti lebih dari 60 wartawan se-Wilayah III Cirebon.

Pada acara pembukaan, Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat atas nama pengurus, memberi penghargaan Darma Saharsa Utama kepada Ridwan Kamil sebagai inisiator program 1.000 UKW di Jabar.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat dalam sambutannya,  mengapresiasi program 1.000 peserta UKW se-Jabar.

Menurutnya, road show program 1.000 peserta UKW justru saat ini banyak ditiru daerah lain. Hal itu tentunya tidak lepas dari peran penting dan bantuan Gubernur Ridwan Kamil yang selama ini memang dikenal dekat dengan kalangan media.

“Pak gubernur sudah menunjukan hal yang esensial. Dia sangat peduli dengan kualitas wartawan. Akhirnya provinsi Jabar mau membantu program ini, dan wartawan yang mau ikut UKW bisa mengikuti secara gratis,” kata Hilman.

Hilman tidak menyangkal, di Jabar sendiri ada sekitar 2 ribuan perusahaan media.  Sementara jumlah wartawannya, diperkirakan bisa mendekati 10 ribuan.

Jumlah tersebut, hanya sebagian kecil saja yang yang lolos UKW dan terverifikasi dewan pers.

“Di sinilah, PWI punya kelebihan mengurus kode etik dan kesejahteraan wartawan,” papar Hilman.

“Intinya, peran pak gubernur untuk membantu wartawan mendapatkan sertifikat UKW, sangat membantu. Sama seperti kepedulian beliau yang sudah sukses mengentaskan angka kemiskinan di Jawa Barat,” ungkapnya. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version