KORANMANDALA.COM- Kodim 0619/Purwakarta ikut serta membantu Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dan Polres Purwakarta dalam mencegah kenakalan remaja.

Di antaranya dengan mensosialisasikan wawasan kebangsaan (wasbang) ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta.

Seperti yang ditunjukkan Koramil 1901/Wanayasa, jajaran Kodim 0619/Purwakarta mendatangi SMAN 1 Wanayasa, di Kampung Pangmeungpeuk RT 02/RW 01, Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Selasa (21/3/2023).

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1901/Wanayasa Kapten Arm Rambat mengatakan, pihaknya bersilaturahmi ke SMAN 1 Wanayasa guna mensosialisasikan wasbang.

“Kami sampaikan kepada seluruh siswa dan siswi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Tingkatkan juga ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing,” kata Rambat.

Dirinya pun mengingatkan untuk mematuhi perintah kedua orang tua di rumah dan guru di sekolah. “Kami imbau juga agar siswa menghindari perkelahian atau tawuran antarsekolah dan jangan ikut ikutan balap motor liar atau geng motor yang saat ini lagi marak di kalangan remaja,” ujarnya.

Terkait kejadian yang sedang hangat saat ini, di mana ada anak usia 15 tahun yang terlibat narkoba, Rambat juga menekankan agar seluruh siswa benar-benar menghindarinya.

“Jangan sekali-sekali mencoba narkoba dan obat-obatan terlarang. Hindari juga minum-minuman keras dan obat -obatan terlarang karena dapat merusak segalanya,” ucapnya.

Diingatkan jika berkendara agar memperhatikan kelengkapan dan rambu-rambu demi keamanan dan keselamatan di jalan. “Pengguna roda dua wajib memakai helm. Gunakan juga knalpot standar,” ujarnya.

Secara khusus, Rambat mengajak siswa dan siswi yang berminat mengabdikan diri Ke TNI – Polri untuk mendaftarkan diri secara daring. Bisa juga menghubungi kantor Kodim dan Polres setempat.

“Menjelang Bulan Suci Ramadan ini, mari kita melaksanakan puasa dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Semoga diberikan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT,” ucapnya.

Kegiatan wasbang tersebut dihadiri kepala sekolah, para guru dan siswa dengan jumlah kurang lebih 350 orang. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version