KORANMANDALA.COM – Pandawara Grup, kelompok konten kreator bersih-bersih sampah berhasil mengajak ribuan warga Kota Cirebon ikut dalam kegiatan clean beach Pantai Kesenden.

Tak hanya masyarakat biasa, aparat keamanan pun terjun langsung membersihkan tumpukan sampah yang ada di Pantai di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon itu.

Ratusan personel Polres Cirebon Kota diterjunkan untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (12-13 Agustus 2023) itu.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto mengatakan keikutsertaan personelnya pada kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian Polisi terhadap kebersihan lingkungan.

“Sebagai wujud kepedulian Polri khususnya  Polres Cirebon Kota terhadap kebersihan dan keindahan pantai. Selain itu juga guna menciptakan lingkungan bersih, sehat dan asri,” ujarnya, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Barat ini mengatakan dalam kegiatan tersebut ada kurang lebih 5000 orang yang ikut melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan pantai tersebut.

“Kurang lebih ada 5000 orang yang turut serta dalam kegiatan tersebut, semua instansi dan masyarakat terlihat ada dalam kegiatan ini termasuk Kepolisian khususnya Polres Cirebon Kota,” ujarnya.

Dengan kegiatan bersih bersih tersebut, Kapolres berharap masyarakat sekitar semakin peduli terhadap kebersihan pantai khususnya dan lingkungan masing masing pada umumnya

“Semoga masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, aksi clean beach Pantai Kesenden ini merupakan inisiatif Pandawara Grup.

Lima anak muda yang tergabung dalam grup ini merasa prihatin dengan kondisi kawasan Pantai Kesenden yang dipenuhi dengan tumpukan sampah.

Mereka mengklaim, Pantai Kesenden adalah salah satu pantai terkotor ke 3 di Indonesia. Penyebutan urutan ke 3 ini menurut hasil survei yang dilakukan Pandawara Grup.

Sebelumnya, aksi clean beach ini juga pernah dilakukan oleh Pandawara Grup bersama 3.700 warga lokal di Pantai Sukaraja Lampung pada Juli 2023 lalu dan kini pantai tersebut berish dari tumpukan sampah.  (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version