KORANMANDALA.COM – Dokter Masuk Rumah (Dok-Maru) merupakan satu dari 10 program unggulan yang dicanangkan Bupati Indramayu Nina Agustina.

Program ini dilaunching pada tahun 2021 lalu untuk memberikan pelayanan kesehatan secara langsung ke rumah warga.

Sejak dilaunching, ribuan masyarakat Kabupaten Indramayu sudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara langsung di rumah mereka melalui program ini.

“Sejak tahun 2021 hingga 2022 sebanyak 3.115 orang sudah terlayani program Dok-Maru yang dilaksanakan secara langsung di rumah pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Wawan Ridwan, Selasa, 22 Agustus 2023.

Wawan menjelaskan sejak respons masyarakat Kabupaten Indramayu sangat tinggi terhadap program unggulan Bupati Nina Agustina di bidang kesehatan ini.

“Tanggapan masyarakat sangat tinggi untuk melaporkan warga yang sakit yakni mencapai 1.867 orang yang terlayani,” jelas Wawan.

Jumlah tersebut kata Wawan berasal dari info PSC sebanyak 499 laporan dan Non PSC (Puskesmas dan lainnya) sebanyak 1.368 laporan.

“Dari jumlah itu pasien yang dirujuk ke rumah sakit sebanyak 268 orang,” ujarnya.

Sedangkan pada tahun 2022, jumlah laporan yang masuk mengalami penurunan, dan sebanyak 1.248 orang yang terlayani program Dok-Maru.

“Berasal dari info PSC sebanyak 302 laporan dan Non PSC sebanyak 946 laporan. Dari jumlah itu sebanyak 342 orang dirujuk ke rumah sakit,” lanjutnya.

Dengan berbagai capaian dari program Dok-Maru dalam kurun waktu 2 tahun ini, Wawan menegaskan pihaknya siap untuk meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya dengan melaksanakan evaluasi guna mengetahui kendala yang ditemukan dalam menjalankan program ini.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version