KORANMANDALA.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan proyek jembatan Walahar Karawang dengan total anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mencapai Rp51 miliar.

Ridwan Kamil mengatakan, sesuai aspirasi dari Pemkab Karawang, pihaknya telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp51 miliar untuk pembangunan jembatan Walahar penghubung jalan di Kecamatan Ciampel ke Klari, Karawang.

“Pembangunan jembatan Walahar ini merupakan wujud cinta dari Pemprov melihat warga di Klari ini harus menggunakan jalur satu arah di jembatan Walahar warisan kolonial.”

“Dan sesuai aspirasi dari Pemkab dengan total anggaran 51 milyar kami membangun jembatan Walahar yang lebih milenial, yang lebar dan luas agar warga dengan leluasa bisa menuju sekolah, bekerja ke kawasan industri, dan rampung bulan Desember nanti,” kata Ridwan Kamil saat meresmikan pembangunan Jembatan Walahar di Kecamatan Klari, Karawang pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Di tempat yang sama, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan pembangunan Jembatan Walahar untuk mengurai kemacetan di wilayah Ciampel dan Klari.

“Lalu lintas kendaraan di jalur Ciampel menuju Klari ataupun sebaliknya selalu mengalami kemacetan. Jalur tersebut merupakan bagian dari akses menuju kawasan dan zona industri. Oleh karena itu perlu dibangun jembatan Walahar yang lebih luas dan lebar,” ujarnya.

Jembatan Walahar dibangun dengan bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat. Pembangunan jembatan sepanjang 130 meter dan tujuh meter itu dikerjakan dengan lewat dua tahapan.

“Pembangunan tahap pertama jembatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Klari dan Ciampel itu dilakukan pada 2019. Untuk tahap pertama pembangunan ini digunakan dana sekitar Rp15 miliar,” jelasnya

Kemudian, pada tahun ini, pembangunan tahap kedua berjalan dengan anggaran sekitar Rp36 miliar.

“Sekarang ini progres pengerjaan Jembatan Walahar tahap kedua telah sampai ke pembuatan tiang pancang jembatan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Koran Mandala di lapangan, sebelum meresmikan jembatan Walahar, Ridwan Kamil juga sempat memantau pembangunan Alun-Alun Karawang yang dianggarkan oleh Pemprov Jabar.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version