KORANMANDALA.COM – Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) saat ini baru terbangun sampai dari Gedebage, Kota Bandung Kabupaten Garut. Kini, Pemprov Jawa Barat (Jabar) meminta pemerintah pusat kembali mengakselerasi pembangunan Tol Getaci.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan, pada prinsipnya pemerintah daerah mendorong infrastruktur jalan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) terutama di Jawa Barat.

Sebab, pembangunan Tol Getaci ini memberikan dampak positif untuk mobilitas ekonomi yang ada di Jawa Barat maupun Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mengingat, terbangunnya Getaci sampai dengan Cilacap ini sangat membantu aksesibilitas.

“Yang pasti infrastruktur jalan tol PSN yang ada di Jawa Barat, kami yang ada di daerah itu ingin segera tersambung,” kata Bambang pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Tak Hadir Saat Sholat Istisqo, Ema Sumarna Beri Penjelasan

Berdasarkan informasi yang diterima Bambang, pengerjaan Tol Getaci ini baru sampai Kabupaten Garut. Sebab, ketersediaan dana untuk pengadaan tanah Tol Getaci ini baru sampai Kabupaten Garut.

“Jadi mulai dari Gedebage sampai Garut, karena memang ketersediaan dananya yang untuk pengadaan tanahnya. Saya dapat informasi dari Kementerian PUPR baru sampai dengan Garut,” kata pria yang kerap disapa Abenk.

Abenk menuturkan, rencana untuk melanjutkan pembangunan Tol Getaci dari Kabupaten Garut menuju Tasikmalaya memang ada. Namun, Abenk belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari Kementerian PUPR.

Baca Juga: Lakalantas di Garut, Terpeleset Jatuh Lalu Tergilas Truk, Kaki Kanan Eros Rodita Alami Patah Tulang

“Garut menuju Tasikmalaya itu memang ada wacana, direncanakan, diekstensi. Tapi memang belum dapat informasi mengenai kesiapan dananya. Jadi yang sekarang berjalan di lapangan itu baru sampai dengan Garut sesuai dengan penlok (penetapan lokasi) yang diterbitkan oleh Pemprov Jawa Barat,” tuturnya.

Abenk menambahkan, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin juga sudah mendorong agar pembangunan Tol Getaci kembali dilanjutkan.

“Kami daerah mendorong pemerintah pusat untuk diekstensi, sehingga Pak Pj Gubernur Jawa Barat itu menyampaikan ini harus sampai dengan Tasikmalaya paling tidak,” ujarnya.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version