KORANMANDALA.COM – Seorang pencari rumput laut bernama Emud (41), warga kampung Cibentang Desa Sukarame Kecamatan Caringin Garut, Minggu 15 Oktober 2023 sekira pukul 14.30 dikabarkan tenggelam dan hilang di pantai Gemlongan.

Saat dikonfirmasi Koranmandala.com, Senin 16 Oktober 2023, Kasat Polairud Polres Garut, AKP Anang Sonjaya, membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Anang, kejadian itu bermula ketika korban bersama empat kawannya, mencari rumput laut di kawasan pantai selatan blok kampung Pelabuan (Gemlongan) Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut.

“Mereka sengaja datang ke pantai tersebut, untuk mencari rumput laut itu” kata Kasatpol Airdud.

Baca juga:Korsleting Jadi Penyebab Kebakaran Terbanyak, Publik Kota Bandung Wajib Waspada

Biasanya, mereka dalam melakukan aktivitasnya selalu di tepian pantai.

Namun hari itu Emud malah seperti sengaja memisahkan diri dari teman-temannya. Ia mencari rumput laut itu agak ke tengah.

“Padahal sebelumnya sudah diperingatkan oleh teman-temannya agar jangan ke tengah karena bisa berbahaya bila ada ombak besar” ungkap Anang.

Baca juga: MK Tolak Batas Minimal Usia Capres-Cawapres, Pengamat Politik: Keputusan Tepat!

Rupanya himbauan itu tidak digubrisnya oleh korban.

Di tengah keasyikan mencabuti rumput laut yang menempel di batu karang, tiba-tiba gulungan ombak besar dari tengah laut menuju pantai.

Ombak besar itu kemudian menerjang Emud yang tak sempat melarikan diri.

Baca juga: 5 Hektare Kawasan Hutan Pegunungan Sanggabuana Karawang Terbakar

Hanya dalam hitungan detik, Emud langsung terseret ketengah laut.

Semenit kemudian, korban tak terlihat dan digulung ombak hingga ke tengah laut.

Empat kawan korban yang melihat kejadian itu, langsung melaporkannya ke Satpol Airud dan nelayan yang ada di wilayah setempat.

Anggota Satpolairud, setelah menerima laporan itu, dengan cepat melakukan pencarian ke sejumlah titik dengan menggunakan perahu karet.

Hingga berita ini ditulis, nasib Emud belum diketahui. Apakah sudah meninggal akibat tenggelam atau berhasil menyelamatkan diri.

Sebelumnya, seorang nelayan jago selam, Yanto Suryanto (41), warga kampung Yayasan Desa Sagara Kecamatan Cibalong Garut, dikabarkan tenggelam dan hingga kini jasadnya belum diketemukan. Ia tenggelam di laut pantai Selatan Garut Blok Cikolomberan ketika mencoba menangkap ikan dengan menggunakan tombak. (stc/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version