KORANMANDALA.COM – Mengantisipasi harga pangan untuk menurunkan inflasi daerah dan stabilisasi pasokan harga pangan, Gerakan Pangan Murah (GPM) Tahun 2023 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS). 

GPM digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, di  Desa Legok, Cidahu, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, Wahyu Hidayah mengatakan, GPM merupakan kerjasama dengan Badan Pangan Nasional (National Food Agency) dengan berbagai elemen kedinasan hingga petani dan peternak serta para pelaku usaha.

Pangan, kata Wahyu, merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia.

Baca Juga: Polres Kuningan Ciduk 6 Tersangka Kasus Obat Keras

Juga harus senantiasa mencukupi kebutuhan masyarakat, tersebar secara merata dan memiliki keragaman serta memiliki gizi yang baik bagi masyarakat. 

Selain itu, lahan pertanian yang menjadi tempat produksi semakin berkurang, berdampak pada turunnya produksi.

Pertanian sehingga terjadi kelangkaan pangan dan harga pangan yang semakin tinggi.

Baca Juga: Kuningan Timur Darurat Air Bersih, Warga Rela Ngantre Demi Dapat Bantuan

“Salah satu langkah dan komitmen pemerintah dalam menurunkan inflasi daerah,” kata Wahyu.

“Serta bertujuan menstabilkan pasokan dan harga pangan di tingkat produsen maupun konsumen,  meningkatkatkan keterjangkauan dan daya beli masyarakat” imbuhnya.

Dikatakan Ketua Panitia, Sanusi, komoditas pangan yang tersedia diantaranya, Beras, Cabai, Bawang, Minyak Goreng, Gula, Daging, Telur dan aneka sayuran. 

1 2
Sumber:

Editor: Ade Mamad Sam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version