KORANMANDALA.COM – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang di Dusun Jalupang, Kecamatan Kota Baru, terbakar hebat pada Sabtu, 28 Oktober 2023. sekitar pukul 12.00 WIB.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) belum mengetahui penyebab kebakaran.

Seorang saksi mata bernama warga Kota Baru, Karawang bernama Dian Nugraha menyebutkan, kepulan asap dari tumpukan sampah mulai terlihat pada pukul 12.00 WIB.

Tak lama berselang, kobaran api muncul dari balik asap yang menghitam.

Baca Juga: Head to Head Persib vs PSS Sleman: Si Biru Unggul Telak

“Kami, warga Kota Baru sangat panik melihat hal itu. Apalagi, asap hitam mulai menyebar ke pemukiman warga, hingga menyesakan pernafasan,” ujar Dian.

Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, puluhan truk sampah tidak dapat masuk ke area TPAS. Truk-truk itu berjajar di jalan desa menuju jalan ke TPAS Jalupang.

Saat dikonfirmasi media, Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan membenarkan TPAS Jalupang dilanda kebakaran.

Baca Juga: Update Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polda Jabar Akan Periksa Orang-Orang yang Bersihkan TKP 2021 Silam, Termasuk Banpol?

Saat ini, kata dia, sejumlah mobil pemadam kebakaran dibantu aparat TNI/Polri telah dikerahkan untuk memadamkan api.

“Asal api belum diketahui. Tapi kemungkinan dari puntung rokok yang di buang sembarangan. Sementara cuaca lagi terik-teriknya,” kata Wawan.

Wawan tidak menampik bahwa peristiwa kebakaran itu bakal menimbulkan darurat sampah di wilayah Kabupaten Karawang. Sebab, truk-truk pengangkut sampah dipastikan tidak bisa membuang sampah ke TPAS tersebut.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version