KORANMANDALA.COM – Kabupaten Bandung kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini diraih oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Desa Tarumajaya Kabupaten Bandung.

KIM Cerdas Desa Tarumajayamenyabet dua penghargaan bergengsi tingkat nasional pada puncak perayaan KIM Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI di Surabaya pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

KIM Cerdas Tarumajaya terpilih sebagai KIM Terbaik tingkat nasional kategori Bidang Pertanian dan Perkebunan sekaligus menjadi KIM Favorit pada ajang bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha mengungkapkan rasa bangga sekaligus harapan besar terhadap peran dan fungsi KIM. Dia menekankan bahwa KIM tidak sekadar menjadi ‘filter’ informasi hoaks di masyarakat, melainkan sebagai penyebar dan pemberdaya informasi positif bagi pembangunan.

Baca Juga: Ngeri! Ternyata Terlalu Banyak Makan Garam Bisa Sebabkan Penipisan Tulang, Ini Sederet Bahayanya

“Saya merasa bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih KIM Cerdas. Setelah melewati proses penilaian selama 3 (tiga) bulan lamanya, akhirnya kita bisa meraih prestasi terbaik,” kata Yosep pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

“KIM punya peran yang sangat penting karena mereka memiliki fungsi melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat. Berbagai macam informasi positif yang disebarkan akan mampu memberikan kontribusi positif dalam pertumbuhan pada tatanan kehidupan masyarakat yang baik pula dari berbagai aspek, baik aspek perekonomian, kebudayaan, sosial, politik, dan lain-lain,” ujarnya.

Nantinya, Yosep menuturkan Diskominfo Kabupaten Bandung akan terus melakukan pembinaan kepada masyarakat dan membentuk KIM di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bandung. Dia menjelaskan, saat ini baru terbentuk 106 KIM dari 270 desa dan sepuluh kelurahan di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: 2 Fighter Kick Boxing Kuningan Optimis Raih Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

“Perjalanan kami masih jauh, tapi kami akan terus berusaha melakukan pembinaan kepada masyarakat bahwa melalui penyebarluasan dan pemanfaatan informasi yang tepat, masyarakat mampu meningkatkan daya saing dan potensi dirinya,” tambahnya.

Respon bahagia juga ditunjukkan oleh para pegiat KIM Cerdas Tarumajaya. Sorak sorai terdengar meriah saat nama KIM Cerdas Tarumajaya diumumkan sebagai pemenang kategori pertanian dan perkebunan.

“Alhamdulillah perjuangan kami selama tiga tahun ke belakang bisa berbuah prestasi,” kata Wakil Ketua KIM Cerdas Tarumajaya, Uus Kusmana.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version