KORANMANDALA.COM – Dia adalah Juan, seorang kuli bangunan yang mengalami nasib nahas ketika merenovasi langit-langit Masjid Al-Muttaqin di Gedung Sate pada Kamis, 2 November 2023. Sekitar 09.57 WIB tadi, dia jatuh dari ketinggian tujuh meter hingga mengalami patah tulang.

Sebagai informasi, Juan merupakan pekerja di CV Bumi Besemah Sentosa yang dikontrak Sub Bagian Rumah Tangga Setda Provinsi Jawa Barat.

Seorang saksi bernama Ridwan mengatakan, Juan sempat tidak sadarkan diri setelah terjatuh. Namun, dia tidak merincikan kondisi korban selanjutnya.

“Sempat pingsan, kepala sama badannya kurang tahu, kakinya patah, jatuhnya tinggi,” kata Ridwan pada Kamis, 2 November 2023.

Baca Juga: Sosok Bung Hatta di Mata Capres Anies Baswedan: Dia Milih Tidak untuk jadi Seorang Kaya Raya

Dari informasi yang diterima Koran Mandala, saat merenovasi langit-langit Masjid, Juan tidak memakai Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap.

Kasubag Rumah Tangga pada Biro Umum Setda Jabar Ovie Artika menampik dirinya mengabaikan prosedur pengamanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Sebagai penanggung jawab proyek itu, Ovie mengaku sudah menyampaikan tentang K3 kepada para pekerja.

“K3, antisipasi, kami sudah jelaskan ya. Kami sudah bicara tentang tenaga K3 untuk setiap pekerjaan dan ada pengawas. Itu sudah kami sampaikan juga diawal,” kata Ovie saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Ifan Seventeen Mengutuk Keras Serangan Israel terhadap Warga Sipil Palestina: Keberpihakan dalam Hidup Itu Absolut!

Menurutnya, kejadian tersebut di luar kendalinya sebagai penanggung jawab pekerjaan. Mengingat, Ovie tidak bisa setiap waktu memperingatkan para pekerja karena ada sudah ada mandor.

“Itu sebenarnya di luar kuasa kami untuk memperingatkan setiap menit, setiap detik. Cuman kondisi di lapangan, saya juga tidak bisa ngecek setiap hari karena ada temen-temen pengawas,” tuturnya.

Ovie mengklaim kejadian itu terjadi saat di luar jam kerja dan mungkin ada pekerja yang tanggung untuk ditunda. Ketika itu, tersandung ketika ingin mengambil sesuatu dan akhirnya jatuh dari ketinggian sekitar tujuh meter.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version