KORANMANDALA.COM – Kepolisian Resort (Polres) Karawang akhirnya berhasil menangkap eksekutor pembunuhan buruh di Karawang inisial RZ (24) yang sempat buron.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan RZ (24) merupakan eksekutor yang merupakan teman dari PD (19) atau adik korban dari OC (32) dalang utama pembunuhan suaminya inisial AS (33) yang bekerja sebagai buruh pabrik di Karawang.

“Kami dari Polres Karawang dan dibantu oleh Jatanras Polda Jawa Barat akhirnya berhasil menangkap pelaku pembunuhan berencana inisial RZ (24) di kediamannya Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, pelaku tidak memiliki pekerjaan tetap,” kata Wirdhanto saat merilis kasusnya di Mapolres Karawang pada Kamis 18 Januari 2024.

Terkait keterlibatan RZ, kata Kapolres berawal pada 23 Desember 2023, PD (19) mengajak RZ untuk bisnis angkringan di Karawang. Kemudian, sehari setelahnya, RZ datang ke Karawang dan dijemput oleh PD.

“Sesampainya di Karawang, RZ diinapkan di kediaman selingkuhan OC (32). Kemudian, OC berbincang dan curhat dengan RZ meminta membunuh suaminya,” ucapnya.

Lanjutnya, awalnya RZ menolak untuk membunuh, namun karena terus dibujuk oleh OC dengan iming-iming akan diberikan uang senilai 1,5 juta rupiah dan motor korban. Akhirnya, RZ menerima permintaan dari OC.

“Jadi OC terus membujuk RZ dengan uang rokok, miras dan obat-obat keras tertentu dan mengimingi yang senilai 1,5 juta dan motor korban. Dan akhirnya RZ mau mengikuti skenario dari OC,” terangnya.

Adapun skenarionya, awalnya dengan modus meracuni namun gagal dan akhirnya dengan modus begal.

“Jadi upaya pembunuhan telah dilakukan pada 29 Desember, dengan rencana awal diracun dengan mengajak makan dan gagal karena korban membawa anaknya saat makan, selanjutnya pada 9 Januari dengan modus begal, pelaku PD dan RZ berhasil menghabisi nyawa korban dengan modus pura-pura mogok motornya di wilayah Sasak Misran, Klari,” terangnya.

Kronologis korban tewas, yakni berawal RZ membonceng korban dan menusukan sebilah pisau ke leher dan satu sabetan celurit oleh PD dan dan 2 kali tusukan lagi oleh RZ.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version