KORANMANDALA.COM – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menggelar rapat kerja (raker) tahun 2024 di Kuningan, dengan tema Membawa tema “Aktualisasi Pancasila Perkokoh Demokrasi Bangsa”.

Rakor berlangsung selama 3 hari (25 – 27 Januari 2024.) di Hotel Horison Tirta Sanita, Panawuan, Kuningan.

Pj Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd hadir di sela acara pembukaan rapat kerja tahunan BPIP tersebut, Rabu 24 Januari 2024.

Acara Pembukaan diwarnai tarian “Buyung” asal Cigugur, salah satu kebudayaan Kuningan yang bernilai simbolik tentang rasa syukur manusia atas rahmat Tuhan berupa alam semesta yang bermanfaat bagi hidup manusia, salah satunya adalah air.

Tonny Agung Arifianto selaku Sekretaris utama BPIPRI di sela acara pembukaan mengatakan, raker ini akan berlangsung 3 hari melibatkan Unsur Pimpinan hingga Unsur Pelaksana berjumlah 298 orang.

“Raker BPIP Tahun 2024 ini sejalan dengan salah satu agenda besar pemerintah yaitu penyelenggaraan Pemilu. Kita berharap para kontestan pemilu dan para pemilih dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan demokrasi, sehingga pemilu dapat menjadi sarana integrasi bangsa” ujarnya.

Dipilihnya Kuningan sebagai tuan rumah raker tahun 2024, kata Pj Bupati Iip Hidayat, sangat pas mengingat di Kuningan ada salah satu persitiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia yang terjadi di Kabupaten Kuningan.

“Perundingan Linggajati menjadi saksi penting dan sebagai sejarah tonggak perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan. Selain itu, Kuningan merupakan salah satu daerah yang memiliki toleransi tinggi, baik dalam penyelenggaraan hidup beragama maupun kehidupa sosial, hal ini bisa dilihat dari keharmonisan warga Kuningan walau berbeda keyakinan dan terdapat banyak suku bangsa” tutur Iip Hidayat.- *** wawan jr

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version