KORANMANDALA.COM – Potensi pariwisata di Jawa Barat sungguh sangat luar biasa, Jawa Barat diciptakan ketika Tuhan Sedang Tersenyum. Untuk itu mari kita gali potensi pariwisata ini demi kemashlahatan seluas-luasnya serta dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Dispora Jabar Drs Asep Sukmana, M.Si, saat acara Launching Calender Of Event dan Logo Taglan Pariwisata “Kuningan Beu” di Kampung Sunda Situ Balong Dalem Desa Babakanmulya, kecamatan Jalaksana Kuningan, Jumat 26 Januari 2024.

Menurutnya Asep Sukmana, ada 3 fokus utama untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara ke daerah, yaitu Kebudayaan, kuliner dan potensi wisata.

“Kuningan sudah punya itu semua, potensi kebudayaannya, kulinernya serta wisatanya yang menakjubkan. Jadi kami dorong event-event berskala Internasional di lakukan di Kuningan. Jangan kagok dan jangan setengah-setengah, kita ingin mendorong destinasi wisata di daerah Ciayumajakuning dan Jawa Barat bagian selatan, karena Bandung sudah crowded” ungkapnya.

Launching Calender Of Event tersebut, juga memperkenalkan Logo dan Tagline Pariwisata Kuningan dengan mengusung tema “Kuningan Beu” yang memiliki arti ayo berwisata ke Kuningan.

“Kuningan Beu sendiri berasal dari Basa Sunda dialek Kuningan yang berbeda dengan Basa Sunda pada umumnya. Memiliki arti “Yuk ah, ke Kabupaten Kuningan!” yang bertujuan untuk mengundang langsung masyarakat datang ke Kabupaten Kuningan” Ungkap PJ Bupati Raden Iip Hidajat.

“Beu” diartikan juga sebagai tanda kedekatan antara Kuningan dan masyarakat karena penggunaannya hanya pada orang terdekat.

“Kuningan beu” juga memiliki makna akronim dari kata bahagia, estetik dan unik, sehingga wisatawan yang berkunjung ke kabupaten kuningan akan merasakan kebahagiaan yang tiada henti atau endless excitement” Tambah Iip, sapaan akrab Pj Bupati.

Iip Hidajat menyebutkan, logo dan tagline pariwisata merupakan identitas dan jati diri dari sebuah industri pariwisata, dimana dengan identitas yang iconic dan definitif sebuah destinasi dapat dikenang dan tertanam dengan indah dalam ingatan. Sehingga setiap orang akan tergerak untuk kembali berkunjung.

“Mengingat logo, tagline serta calendar of event ini sangat strategis bagi pengembangan pariwisata di kuningan, maka dalam kesempatan ini saya mengintruksikan kepada seluruh kepala SKPD lingkup pemerintah Kabupaten kuningan untuk mendukung secara konkrit dalam implementasi logo & tagline serta pelaksanaan calendar of event ini” Pinta Iip.

Sementara itu, acara ditandai launching Kampung Sunda dan penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Kuningan di saksikan Dandim 0615, Kajari Kuningan, Sekda, ketua Pengadilan Agama dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kuningan.- *** wawan jr

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version