KORANMANDALA.COM – Balong Keramat atau Kolam Keramat yang dihuni “Ikan Dewa” di Balong Cigugur kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, dibangun pada zaman para Wali ratusan tahun lalu.

Pembangunan kolam tersebut, dalam rangka menyebarluaskan Agama Islam di wilayah Kabupaten Kuningan. Tujuan pembuatan kolam itu sendiri guna kelancaran dan memudahkan para jama’ah bersuci atau mengambil air wudhu untuk keperluan Shalat.

Konon menurut riwayatnya, kala itu para Wali membuat 4 kolam sekaligus dalam kurun waktu hanya Satu malam.

Dari ke 4 kolam itu diantaranya kolam Darmaloka di Desa/kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat, lokasinya sebelah Selatan obyek wisata Waduk Darma.

Kala itu, Sunan Gunung Jati Cirebon memerintahkan Syehk Rama Haji Irengan dengan panggilan Syehk Ireng, karena ciri khasnya selalu mengenakan pakaian warna hitam.

Pembuatan kolam dikerjakan sangat luar biasa, dalam waktu semalam sudah kelar. Hal ini menunjukan keperkasaan sebagai seorang Wali dan sudah memiliki budaya tinggi.

Kolam Darmaloka ini bentuknya berliku liku menyerupai ‘lafaz’ Nabi Muhammad.

Syehk Ireng saat itu berpesan, agar kolam ini dijaga, dirawat dan dilestarikan demi anak cucu dikemudian hari.

Sementara itu, Balong Dalem Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana, kabupaten Kuningan, ternyata dibangun bersamaan dengan Balong Keramat di Darmaloka, kecamatan Darma dan Kolam Cigugur.

Begitu pun Kolam renang Cibulan, di Desa Jalaksana dan Kolam Pasawahan di kawasan kecamatan Pasawahan, konon dibuat dalam kurun waktu 1 malam.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version