KORANMANDALA,COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Garut berjalan baik, lancar, dan penuh kegembiraan.

Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Garut, kata Dian, didukung oleh 72 ribu orang KPPS, termasuk petugas pengamanan TPS yang bertugas di 8 ribu titip TPS yang yang tersebar di wilayah Kabupaten Garut.

Dian mengaku, memang ada beberapa kendala dan hambatan di lapangan.

Namun sejumlah  kendala dan hambatan itu dapat diselesaikan dengan cepat melalui pelayanan prima dari KPU Kabupaten Garut dan kerja dari jenjang badan ad-hoc PPK dan PPS, sehingga masalah yang muncul bisa cepat teridentifikasi dan diberikan solusi penanganan sesuai aturan yang berlaku.

“Hujan memang sempat terjadi di pagi hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, tapi tidak berdampak signifikan pada pemungutan suara di TPS,” kata dia.

TPS khusus

Di Kabupaten Garut, kata dia, ada sekitar 3 TPS khusus yaitu 1 TPS di Rutan Garut dan 2 TPS di Lapas Garut.

Ketiga TPS tersebut telah dilakukan penyandingan dan identifikasi pemilih sesuai dengan syarat sebagai pemilih.

Adanya hal tersebut, merupakan bentuk jaminan bagi warga binaan untuk tetap memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

KPU Kabupaten Garut, kata dia, telah berkoordinasi secara intensif dengan penanggung jawab lokasi khusus di antaranya melakukan penyandingan data secara terperinci dengan koridor aturan tentang data pemilih serta dibantu oleh Disdukcapil Kab. Garut dalam melakukan validasi data NIK.

“Dengan demikian jaminan akurasi data pemilih tersebut dapat dipastikan dengan jelas bagi warga binaan tersebut,” kata Dian. (Tim Mandala)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version