KORANMANDALA.COM – Proses Pantukhir yang merupakan moment penting bagi proses seleksi terakhir Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Kuningan, secara resmi ditutup oleh Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Kesbangpol Kuningan H. Hidayat Saleh di Kampus STKIP Kuningan, Minggu 03 Maret 2024.

Ketua PPI Kabupaten Kuningan, Fawaz Ibrahim, disela acara penutupan menjelaskan, dari 100 peserta, terpilih 42 calon anggota Paskibraka, dengan rincian 21 putra dan 21 putri. Mereka berhasil lolos setelah melalui berbagai tahapan seleksi ketat, mencakup aspek administrasi, pancasila, wawasan kebangsaan, intelegensia umum, kesehatan, parade, peraturan baris berbaris, kesamaptaan dan seleksi kepribadian.

Drs. H. Hidayat menekankan pentingnya peran Paskibraka sebagai sarana untuk mendidik calon pemimpin bangsa yang berkarakter, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dan berdisiplin tinggi. Saya sangat mengapresiasi semangat, dedikasi, dan komitmen yang ditunjukkan oleh peserta selama proses seleksi.

Drs. H. Hidayat mengingatkan kepada anggota Paskibraka terpilih, bahwa tanggung jawab yang diemban bukanlah sekadar penghakiman atas superioritas, melainkan panggilan untuk melayani dengan tulus dan memberikan yang terbaik bagi negara dan masyarakat.

Paskibraka, bukan hanya sekedar simbol pengibaran bendera, tetapi juga representasi dari karakter dan kepemimpinan yang dijunjung tinggi.

Generasi muda saat ini akan menentukan arah masa depan Indonesia dalam berbagai sektor, baik di pemerintahan maupun sektor swasta.

“Dalam 20 tahun ke depan, generasi Z akan menjadi pemain utama untuk menentukan Indonesia ke depan. Persiapkan diri kalian untuk mampu berkompetisi di masa mendatang dan ambillah posisi kepemimpinan di berbagai sektor,” imbuhnya.

Lebih jauh Drs. H. Hidayat menegaskan, setiap peserta memiliki potensi untuk berkiprah dan mengabdi bagi negara. Paskibraka adalah wahana untuk mendidik calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila, berdisiplin tinggi, dan mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sementara itu, proses seleksi Paskibraka tahun 2024 di Kabupaten Kuningan tidak hanya berhenti pada pemilihan anggota, tetapi juga menjadi peringatan akan pentingnya kepemimpinan yang berkarakter dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Selamat kepada para calon terpilih, dan semangat untuk para peserta yang belum berhasil, karena perjalanan menuju kepemimpinan yang bertanggung jawab masih panjang dan penuh peluang.- *** hendra

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version