KORANMANDALA – Kebakaran di Garut menimpa rumah penduduk  di desa Pasirwangi, Garut, tepatnya di Kampung Cawane Koneng Jusa Kabupaten Garut Minggu (24/3/2024). Enam rumah ludes jadu abu.

Menurut saksi mata, api diduga berasal dari rumah panggung salah satu warga yang bernama Abdullah (58thn). Tiba tiba api mengepul membesar dan merembet ke rumah lain. Penyebabnya diduga akibat hubngan arus pendek atau korsleting listrik.

Api membesar sehingga dalam waktu singkat rumah Abdulllah terbakar habis. Tidak hanya rumah Abdullah tetapi rumah tetangganya ikut terbakar yaitu rumah Enda rohmana (56thn), Asep solehadin (39th), Aden Hilman (44th), Rohmat (59th) dan sdr Unas (55 th)

BACA JUGA: Penjabat Bupati Garut Minta Kaum Muda Selaawi, Limbangan, Majukan Daerah

Camat Pasirwangi Bambang Rudijanto mengatakan, api dapat dipadamkan berkat bantuan masyarakat dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut dengan menurunkan 2 unit kendaraan damkar. Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. “Diperkirakan kerugian mencapai Rp160juta untuk 6 unit rumah,” Kata Bambang Rudijanto.

Bambang menyatakan upaya penanggulangan yg dilakukan dengan kordinasi antara satpol pp, Damkar, Babinsa, Babinmas, Kepala desa.

Bantuan yang diperlukan pada rehabilitasi rumah bahan makanan pokok, pakaian, alat rumah tangga dan yang lainnya.

BERIKUT PENYEBAB KEBAKARAN:

1. Penyambungan kabel yang tidak sempurna
Kabel yang sambungannya tidak sempurna, berisiko tinggi terjadi korsleting listrik di gedung ataupun tempat tinggal.

2. Stop kontak sudah kendur
Penyebab korslet listrik karena stop kontak yang sudah kendur. Kendurnya stop kontak dapat menghasilkan percikan api yang mengakibatkan korsleting listrik.

3. Perangkat listrik berkualitas rendah
Perangkat listrik yang tidak sesuai standar keamanan atau yang berkualitas rendah, dapat meningkatkan risiko terjadinya korsleting listrik.

4. Paparan suhu tinggi
Apabila perangkat listrik terkena paparan suhu tinggi yang terlalu berlebihan atau berada di dekat sumber panas seperti api, bisa menyebabkan arus pendek listrik.

5. Stop kontak yang kelebihan muatan
Stop kontak berbentuk terminal T adalah perangkat listrik yang umum digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, tidak jarang terjadi korsleting pada stop kontak akibat penggunaan yang serampangan.

6.Stop kontak basah
Air adalah zat yang dapat menghantarkan listrik. Jika perangkat listrik terkena tumpahan air, tentu bisa menyebabkan korsleting listrik.  (Rida Anwar)

Sumber:

Editor: Tatang Suherman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version