KORANMANDALA.COMEmpat wisataan tenggelam di Pantai Cemara Indah Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Minggu, 12 Mei 2024. Dalam peristiwa tersebut 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Dari 4 Wisatawan tersebut, 3 diantara merupakan anak-anak dan 1 orang dewasa. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10:15 WIB.

Empat korban tenggelam merupakan warga Desa Malang Semirang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Korban yang tenggelam adalah:

1. Suntono bin Warsan (46)

2. M.Zaki Abdilah (10)

3. Azka Ubaidilah Sabil (10)

4. Evan Ziggy Saperio (11)

Untuk saat ini, tempat wisata Pantai Cemara Indah ditutup Polsek Balongan dan dipasang police line.

Menurut keterangan Petugas SAR Pantai Cemara Indah, Jenal, pada waktu kejadian keempat korban sedang berenang dengan jarak 7 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 1,5 meter.

“Tiba-tiba korban Suntono melihat anaknya dan 2 temannya temanya terbawa arus ombak ke tengah di kedalaman 3 meter. Kemudian korban Suntono meminta pertolongan kepada tim SAR,” terang Jenal.

Melihat kejadian tersebut tim SAR dan pengunjung objek wisata bergegas menolong anaknya Suntono dan ke 2 temannya.

“Akan tetapi, Suntono malah terbawa arus ombak karena tidak bisa berenang, mengetahui kejadian tersebut tim sar dan pengunjung wisata bergegas menolong ke 4 orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam,” katanya.

Kemudian ke 4 orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam dapat di evakuasi ke bibir pantai kemudian dibawa ke RS Bumi Patra untuk dilakukan penanganan secara medis.

Kapolsek Balongan Indramayu, IPTU Wawan, saat dihubungi media membenarkan kejadian tersebut.

Adapun personal Polsek Balongan melakukan tindakan dengan mendatangi TKP, mengamankan TKP dan BB, mencari keterangan oleh para saksi.

“Kita menghimbau kepada pengunjung untuk meninggalkan lokasi objek wisata Cemara Indah dikarenakan situasi cuaca buruk,” terangnya.

Atas kesepakatan antara pengelola, BPBD, Satpol Air Polres Indramayu untuk sementara waktu objek wisata tersebut ditutup untuk sementara waktu.

“Untuk pengelola Objek wisata Pantai Cemara Indah akan diminta keteranganya di Mapolsek Balongan,” katanya.

Semantara Plt. Kalak BPBD Indramayu, Asep Abdul Mukti menjelaskan dari hasil pemeriksaan petugas medis RS Bumi Patra korban, Suntono, meninggal karena tenggelam.

“Dengan adanya kejadian tersebut Suntono Bin Warsan setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis RS Bumi Patra dr. Tiara Anggun dinyatakan meninggal dunia,” terang Asep.

Sedangkan anak korban, Azka Ubaidilah Sabil dan ke 2 temannya M. Zaki Abdilah dan Evan Ziggy Saperio selamat dan dirawat di Rumah Sakit Bumi Patra.

“Keluarga telah mengikhlaskan dan menganggap kejadian ini sebagai musibah serta tidak akan melakukan otopsi kepada jenazah korban,” pungkas Asep.

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version