KORANMANDALA.COMPemerintah Kota Bogor, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), menerima suntikan vital dalam bentuk Bantuan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) dari Kementerian Pertanian.

Dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, dua unit pompa air diserahkan kepada Kelompok Tani Dewasa (KTD) pada acara yang digelar di halaman Kantor DKPP Kota Bogor, Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu, 15 Mei 2024.

Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, menggarisbawahi pentingnya kolaborasi pusat dan daerah dalam menghadapi tantangan ini.

“Ini merupakan bagian dari program nasional yang tidak hanya dilaksanakan di Kota Bogor. Sependek ingatan saya, ini bukan bantuan pertama, tetapi kali ini lebih masif dan melibatkan banyak pihak di tingkat pusat dan daerah, termasuk TNI,” ujar Hery Antasari.

Menanggapi hal tersebut, Dandim 0606/Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian, menegaskan komitmen TNI dalam memastikan bantuan ini memberikan dampak positif yang signifikan.

“Dengan adanya bantuan pompa, indeks IP bisa meningkat menjadi 2. Biasanya saat musim kering tidak menanam, tapi dengan bantuan pompa ini, para petani bisa menanam sesuai rencana. TNI bersama DKPP memastikan bahwa pompa yang diberikan beroperasional dan mendukung musim tanam,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, mengungkapkan bahwa program ini adalah hasil dari kesepakatan tingkat tinggi antara Panglima TNI dan Menteri Pertanian.

“Untuk saat ini, baru dua kelompok tani, Pasir Jaya dan Situ Gede, yang mendapatkan bantuan pompa air. Kami sedang mengajukan lagi bantuan tambahan dan akan berbicara lebih lanjut mengenai teknis dukungan di lapangan,” tambahnya.- *** nicko

 

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version