KORANMANDALA.COM – Kelompok tani di Pangandaran menerima bantuan sebanyak 123 unit pompa air, hasil kerjasama antara TNI Angkatan Darat (AD) dan Kementerian Pertanian RI.

Dandim 0625 Pangandaran, Letkol Indra Mardianto Subroto, menyatakan bahwa selama dua bulan terakhir, TNI AD bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI untuk melaksanakan program ketahanan pangan.

“Program ini diterapkan hingga tingkat Kodim untuk mengantisipasi bencana kekeringan berkepanjangan,” ujar Indra seusai acara Syukuran Memperingati HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi, Selasa 21 Mei 2024.

Indra menjelaskan bahwa program ketahanan pangan ini melibatkan perluasan area tanam dengan menggunakan sistem pompanisasi.

“Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran akan menerima 123 unit pompa air berbagai ukuran yang akan didistribusikan kepada petani di 10 kecamatan di Pangandaran,” tambah Indra.

Indra menyebutkan bahwa 35 unit pompa air telah didistribusikan kepada kelompok tani di Pangandaran.

“Sesuai arahan, kami akan mengawasi pemasangan dan penggunaan pompa air tersebut, sehingga manfaatnya dapat dirasakan untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Pangandaran,” jelas Indra.

Ia menambahkan bahwa Jawa Barat ditargetkan sebagai provinsi ketiga penyumbang padi atau beras nasional.

“Kami berharap arahan dari Gubernur Jawa Barat dapat membantu memberikan kontribusi lebih bagi pangan nasional. Ini adalah tanggung jawab bersama untuk mensukseskan program ini. Sesuai dengan arahan menteri, pertanian atau pangan tidak boleh dianggap main-main dan harus dipandang serius,” ujarnya.- *** gia

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version