KORANMANDALA.COM – Pemkot Bogor menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Hotel Onih, Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Senin 27 Mei 2024 siang.

Acara ini bertujuan untuk memastikan kesehatan peserta didik di sekolah dan madrasah di kota tersebut.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Setda Kota Bogor, Eko Prabowo, Rakor ini sangat penting untuk menguatkan strata dan kualitas UKS di berbagai sekolah di wilayah Kota Bogor.

“Rakor ini bertujuan untuk menguatkan strata dan kualitas UKS-UKS di berbagai sekolah wilayah Kota Bogor,” kata Eko Prabowo.

Dia menyoroti tantangan yang dihadapi, di mana sebagian besar UKS masih berada pada strata minimal. Dari total 1.189 UKS di Kota Bogor, hanya 4-6 persen yang mencapai strata paripurna.

Menurutnya, peningkatan UKS adalah kunci bagi kesejahteraan dan prestasi pendidikan peserta didik.

Plh Kabag Kesra Setda Kota Bogor, Lia Kania Dewi, juga menekankan pentingnya strategi dalam meningkatkan mutu UKS.

“UKS bukan hanya tentang pelayanan kesehatan, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan mendorong perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Lia.

Lia juga menjelaskan bahwa dalam upaya peningkatan kualitas UKS, sertifikasi memainkan peran penting.

“Sertifikasi UKS bertujuan untuk standarisasi kinerja UKS serta strategi untuk meningkatkan mutu pembinaan dan pelaksanaan UKS,” tambahnya.- *** nicko

Sumber:

Editor: Iwan Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version