KORANMANDALA.COM – Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kuningan berlangsung di Halaman Setda Jl. Siliwangi 88 Kuningan, dengan Inspektur Upacara Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidayat, Sabtu 01 Juni 2024.

Upacara Hari lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

Sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan Pj. Bupati Iip Hidayat antara lain mengatakan, Peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni, adalah momentum ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Karena itulah kita peringatinya hingga saat ini. Dan Tema tahun 2024 ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat”

Kepala BPIP mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi.

Dengan semangat pancasila yang kuat, lanjut Kepala BPIP, seluruh tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan Ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 juni.

Semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa.- *** wawan jr

 

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version