KORANMANDALA.COM – Menjelang Idul Adha 2024, penjualan sapi meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peternak dan bandar sapi di Kabupaten Garut telah menyiapkan stok sapi dalam jumlah besar untuk kebutuhan qurban.

Untuk memenuhi permintaan qurban, Farhan, seorang bandar sapi berusia 38 tahun dari Desa Sukamentri, mendatangkan sapi dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bobot sapi yang disediakan oleh Farhan minimal 3 kwintal dengan harga jual minimal Rp. 21.500.000 per ekor.

Jenis sapi yang tersedia meliputi sapi Limosin, Simetal, dan lokal, di mana sapi Limosin memiliki bobot minimal 4 kwintal.

Konsumen yang datang ke kandang Farhan biasanya memesan sapi minimal satu bulan sebelum Hari Raya Idul Adha dan bahkan ada yang membayar lunas.

Jika ada pemesanan sebulan sebelum Hari Raya Idul Adha dan pembayaran belum terpenuhi, Farhan akan melakukan ijab qobul lebih awal, serta memberikan layanan gratis pemeliharaan dan pakan sapi kepada konsumen.

Menurut Farhan, pada Hari Raya Idul Adha, jika terjadi kenaikan bobot sapi yang telah dipesan, harganya tidak akan diubah karena itu merupakan bagian dari layanan yang diberikan kepada konsumen.

Untuk pengiriman sapi pada Hari Raya Idul Adha, ia menyediakan layanan pengantaran tanpa tambahan biaya baik di dalam maupun di luar kota.

Namun, untuk pengiriman luar kota, lokasi akan dipertimbangkan terlebih dahulu.

“Sapi pesanan diantar sampai ke tempat pembeli” ungkap Farhan Rabu 5 Juni 2024.

Pada tahun 2023, Farhan berhasil menjual 145 ekor sapi, sedangkan pada tahun 2024, jumlah sapi yang terjual mencapai 150 ekor dengan masih ada pemesanan yang tersisa.- *** rida

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version