KORANMANDALA.COM – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat memang dikaruniai banyak objek wisata pantai. Karena limpahannya, tak heran kalau kemudian Pangandaran disebut sebagai Balinya Jawa Barat.

Salah satu objek menarik dengan lanskap indah di Pangandaran adalah pantai Batu Hiu.

Pantai ini menawarkan pemandangan laut lepas Samudera Hindia dari atas bukit karang. Pantai ini sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat karena memiliki batu karang yang menjorok ke laut, mirip dengan Tanah Lot di Bali.

BACA JUGA: BURUAN KLAIM! 17 Akun FF Sultan Gratis Google Hari Ini 6 Juni 2024, Temukan Akun FF Gratis yang Masih Aktif Full Item

Selain itu, terdapat batu karang di tengah laut yang berbentuk seperti ikan hiu, yang menjadi asal nama Pantai Batu Hiu.

Pantai Batu Hiu menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk beristirahat dan menikmati makan siang karena memiliki hamparan rumput hijau dengan vegetasi Pandan Wong yang menambah kesejukan, serta angin laut yang semilir, memberikan kenyamanan untuk bersantai setelah menjelajahi tempat wisata lain di Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini juga sering dijadikan lokasi foto pre-wedding karena panorama alamnya yang indah. Selain itu, terdapat makam keramat yang terkait dengan cerita rakyat, di mana konon tempat ini pernah disinggahi pasukan buangan Kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Ki Braja Lintang, Aki Gede, dan Nini Gede.

Dekat Pantai Batu Hiu terdapat konservasi penyu yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS). Lokasi ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat dari Tourist Information Center.

Di konservasi ini, wisatawan dapat melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu tempayan, dan penyu pipih, serta berkesempatan untuk melepaskan tukik (anak penyu) ke laut saat mereka berusia 3-5 bulan.

Terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pantai Batu Hiu berjarak sekitar 22 km dari Pangandaran dan bisa ditempuh dalam waktu 35 menit dengan kendaraan.

Wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju Gapura Pantai Batu Hiu di sebelah kiri Jalan Raya Pangandaran – Cijulang, kemudian melanjutkan dengan becak atau berjalan kaki sejauh 500 meter menuju pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Hiu meliputi toilet, mushola, pendopo, gazebo, tempat parkir, warung makanan dan minuman, toko cendera mata, serta penginapan.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version