KORANMANDALA.COM – Peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menunjukan keteladanan dalam ketaatan dan pengorban terhadap perintah Allah SWT. Peristiwa ini hendaknya dijadikan contoh untuk memperkuat ketahanan dan semangat ikhlas dalam menerima perintah Allah.

Demikian disampaikan Khotib KH Mamat Rahmatullah Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Tholibin Desa Timbang, saat salat Idul Fitri 1445 Hijriah di masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan dengan imam Kiyai Ridwan Fauzi pengasuh Pontren Nurul Huda Desa Kertawangunan, hari Senin 17 Juni 2024.

Shalat Idul Adha di masjid Syiarul Islam selain dihadiri ribuan jamaah, nampak hadir Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Iip Hidajat, Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

BACA JUGA: KLAIM 10 Akun FF Sultan Gratis Masih Aktif Hari Ini, 17 Juni 2024, Tinggal Login Siap Libas Semua Lawan Sampai BOOYAH!

Pj Bupati Iip Hidayat mengatakan dengan takbir ini tidak hanya melalui kata-kata, tetapi harus melalui tindakan nyata dan mencerminkan akhlak mulia. Melalui Hari Raya Idul Adha, lanjut Iip Hidayat, peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini kita jadikan sebagai tonggak ketauhidan kepada Allah SWT, sehingga nilai tulus ikhlas dalam menerima perintah-Nya menjadi cermin insan bertaqwa.

“Menjadikan peristiwa qurban sebagai simbol untuk menerapkan jiwa sosial, peduli pada sesama, dan menolong kaum yang lemah. Momentum Idul Adha ini harus dijadikan sebagai wujud nyata membangun kesalehan sosial dan spiritual dalam hubungan dengan sesama manusia dan dengan Allah SWT,” sebutnya.

Lebih jauh Iip Hidayat mengajak untuk terus berupaya menumbuhkan semangat membangun masyarakat yang mandiri dalam aspek ekonomi, sosial, dan budaya, disertai dengan sikap agamis menuju kesejahteraan lahir dan batin.

Terpisah Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar mengatakan, dengan semangat berkurban dapat membawa keberkahan, kemuliaan dan dapat menjiwai pribadi yang bertakwa, ucapnya.

Selepas salat dilakukan penyerahan Sapi dari Pj Bupati ke Panitia secara simbolis yang diterima oleh Ketua DKM Syiarul Islam H Yayan Sopyan. Hewan qurban yang disalurkan melalui DKM Syiarul Islam sebanyak 6 ekor sapi termasuk 1 ekor Sapi dari Pj Bupati.

Usai salat Idul Adha dilanjutkan open house di Pendopo Setda Jl. Siliwangi 88 Kuningan.- *** wawan/hendra

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version