KORANMANDALA.COM – Hari raya Idul Adha banyak mendatangkan berkah. Paling tidak berkah itu dirasakan pengepul kulit di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, khususnya di Tundagan, Kecamatan Mangkubumi.

Di momen itu,Sofiyudin, seorang pengepul kulit di Kota Tasikmalaya, kebanjiran kulit, mulai dari kulit sapi, kambing dan domba.

Peningkatan pemotongan hewan kurban selama Idul Adha menyebabkan pasokan kulit sapi, domba, dan kambing melonjak hingga 80 persen.

Pada hari-hari biasa, pasokan kulit hewan ini hanya berkisar antara 100 hingga 200 kulit per hari, namun saat Idul Adha bisa mencapai 350 kulit sehari.

Sofiyudin, mengungkapkan bahwa harga kulit kambing bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu per kilogram.

Sedangkan kulit domba dihargai hingga Rp 50 ribu per kilogram, dan kulit sapi hanya Rp 7.500 per kilogram.

“Kulit-kulit yang saya kumpulkan digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti konsumsi, pembuatan jaket, sepatu, dan bedug,” ujar Sofiyudin saat ditemui di gudangnya pada Selasa, 18 Juni 2024.

Untuk memastikan kulit tetap awet dan tidak rusak, Sofiyudin menjelaskan bahwa mereka menaburi kulit dengan garam sebelum ditumpuk.

“Kami menaburkan garam agar awet. Kami juga membersihkan sisa daging yang menempel untuk menghilangkan bau amis,” jelasnya.

Sofiyudin mengaku tak kesulitan mendapatkan kulit hewan tersebut karena ia membelinya dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau peserta kurban perorangan.- * gia

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version