KORANMANDALA.COM – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 diselenggarakan pada Rabu malam, 19 Juni 2024, di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Festival ini berlangsung hingga tanggal 21 Juni 2024.

FLS2N ini khusus diadakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) dengan berbagai ragam kebutuhan khusus. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat Drs. Muhamad Ade Afriandi MT, perwakilan Kacab Dinas Wilayah XI Kasub Tu KCD Apip Saeful Bahri SPP, MM, staf bidang PKLK Provinsi Jawa Barat, Ketua FKSM SLB Provinsi Jawa Barat Gumgum Guntara M.Pd, Ketua FKSS Provinsi Jawa Barat Suprapto S.Pd, para kepala SLB Provinsi Jawa Barat, pendamping siswa-siswi SLB, dan peserta FLS2N.

Ada sembilan jenis lomba yang diselenggarakan dalam acara ini, termasuk lomba menyanyi SDLB, lomba menyanyi SMPLB/SMALB, lomba melukis SDLB/SMPLB/SMALB, lomba desain grafis, lomba MTQ, lomba pantomim, lomba cipta baca puisi, dan lomba komik street.

BACA JUGA: Buruan Ada 9 Akun FF Sultan Gratis Didalamnya ada Skin Senjata Langka

Pada Kamis pagi 20 Juni 2024, perlombaan dilaksanakan di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Garut. Setiap jenis perlombaan diikuti oleh 10 peserta, sehingga total peserta dari sembilan jenis lomba ini adalah 90 orang.

Terdapat perbedaan dalam pelaksanaan FLS2N untuk peserta didik berkebutuhan khusus, setiap siswa didampingi oleh satu guru pendamping. Berbeda dengan FLS2N untuk anak-anak normal, di mana 10 siswa didampingi oleh satu guru pendamping.

FLS2N ini telah berjalan selama 11 tahun sejak berdiri pada tahun 2014. FLS2N merupakan ajang lomba seni tingkat provinsi, di mana semua peserta yang mengikuti FLS2N tingkat nasional adalah juara. Proses seleksi dilakukan melalui sekolah-sekolah, berlanjut ke tingkat kabupaten/kota, lalu ke tingkat provinsi, dan dilaksanakan secara daring untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan.

Berkat kerja sama antara pendidik dan anak didik, serta kerja keras tim juri dan panitia, perlombaan berlangsung dengan lancar. Meskipun dengan keterbatasan fisik dan mental, para peserta mampu menunjukkan kerja keras mereka dengan meraih gelar juara.

Pada Kamis malam 20 Juni 2024, acara puncak FLS2N dilaksanakan. Semua peserta dan guru pendamping menghadiri penutupan acara dan diumumkan juara-juara dari setiap mata lomba.

Sebagai bentuk penghargaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para juara menerima hadiah berupa trofi dan uang pembinaan.

Juara pertama mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000, juara kedua mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000, dan juara ketiga mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000.

Untuk kejuaraan tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta, peserta yang menjadi juara 1, 2, dan 3 akan mengikuti perlombaan tersebut, menunggu pemberitahuan dari pihak penyelenggara tingkat nasional apakah yang akan diikutsertakan adalah juara 1, 2, 3 atau hanya juara 1 saja.

Juara umum dari perlombaan ini diraih oleh Kabupaten Cianjur. Sebagai apresiasi, Kabupaten Cianjur menerima trofi dan penghargaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.- *** rida

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version