KORANMANDALA.COM – Sungai Santirah mengalir jernih dari hulu ke hilir, melewati gua-gua di antara tebing tinggi dan curam. Wisatawan akan mengarungi jalur sungai selama sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 1,5 km. Dengan aktivitas River Tubing inilah, Santirah atau Green Santirah mulai populer dan dikenal di kalangan pencinta alam, khususnya dalam kegiatan arung jeram.

Yang unik dari aktivitas River Tubing di Green Santirah adalah, meskipun tiap orang mendapatkan fasilitas tubing personal, aktivitas ini dilakukan sebagai kelompok atau tim.

Semua peserta bergerak bersama-sama, saling terkait satu sama lain membentuk jalur panjang.

BACA JUGA: 3 Cara Terbaru Login ke dalam Akun FF Sultan Gratis Juni 2024 dengan Mudah

Menuju Green Santirah sangat mudah, Anda bisa mencapainya dari Pangandaran dengan jarak sekitar 20 kilometer atau waktu tempuh sekitar 45 menit.

Jika menggunakan kendaraan pribadi hingga medium, rombongan bisa mencapai lokasi parkir Green Santirah. Namun, untuk rombongan besar dengan bis besar, harus dibantu dengan mobil transfer atau pick up dari lokasi parkir bis besar menuju lokasi River Tubing Green Santirah.

Santirah River Tubing terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, sekitar 15 km dari Kota Pangandaran.

Objek wisata ini belum lama dibuka tetapi sudah menjadi salah satu yang paling populer di kawasan Pangandaran, sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun asing.

Water Tubing atau River Tubing di Santirah adalah aktivitas arung jeram tanpa perahu menggunakan ban dalam untuk mengarungi aliran sungai Santirah di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, dengan perlengkapan seperti ban dalam, pelampung, serta sepatu khusus atau sandal gunung.

Menyusuri sungai Santirah dan melihat keindahan dinding dan ngarainya yang masih alami memberikan daya tarik tersendiri, terutama bagi pencinta alam dan olahraga air.

Perjalanan akan ditempuh sekitar 2-3 jam dengan memasuki 3 goa dengan panjang bervariasi, air terjun di kanan kiri sungai, spot jumping yang beragam, serta air terjun air panas.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version