KORANMANDALA.COM – Situ Wangi merupakan sebuah danau seluas 5 Ha yang berlokasi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Situ ini dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai sumber air.

Asal-usul nama Situ Wangi memiliki dua versi berbeda. Versi pertama berkaitan dengan kerajaan Galuh yakni Prabu Wangi yang pergi ke mekah untuk berhaji. Sepulangnya dari berhaji, sebagian air zam-zamnya ditumpahkan ke dalam situ, keudian lahirlah Situ Wangi.

Versi kedua, diambil dari nama seorang penari ronggeng yang dulu sering berkeluh kesah di Situ Wangi, nama penari tersebut yaitu Nyi Mas Wangi.

BACA JUGA: Bagi-bagi 20 AKUN FF Gratis Masih Aktif 21 Juni 2024 No Hack Evo Gun, Akun FF Sultan Litomplo

Situ Wangi tak pernah surut saat kemarau. Airnya selalu melimpah. Karena itu, situ ini dimanfaatkan warga sebagai sumber air untuk pengairan area persawahan dan pertanian lainnya.

Sekeliling tempat ini berdiri pohon dan rumput liar yang awalnya memiliki akses jalan masih tanah.

Penampilan Situ Wangi Kawali kini berubah drastis. Jalannya bertembok yang bisa dimanfaatkan sebagai arena joging.

Didukung dengan suasana alam yang asri oleh perbukitan yang hijau. Terdapat sejumlah fasilitas pendukung, seperti belasan gazebo untuk bersantai.

Ada lahan terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar pesta pernikahan. Menara pandang (menara selfie), sejumlah toilet, amfiteater, area kuliner, galeri dan fasilitas lainnya.

Situ Wangi merupakan obyek wisata air yang dikelola oleh pemerintah daerah Kabupaten Ciamis dan masuk dalam rencana pembangunan sejak tahun 2007 dan baru bisa terealisasi pada tahun 2014.

Pada tahun 2022, Situ Wangi megalami revitalisasi dan diresmikan langsung oleh Gubuernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version