KORANMANDALA.COM – Delman wisata di Kota Kuningan, pasca lebaran Idul Adha 1445 Hijriah tetap jadi favorit warga pedesaan maupun Para pelancong yang singgah di Kota Kuda Kuningan.

Setiap hari, Delman Wisata ini mangkal di Taman kota Kuningan, persisnya di sebrang jalan di depan masjid Syiarul Islam dan depan Kantor Pos Jalan Ahmad Yani Kuningan.

Puluhan Delman hias mulai beroperasi pukul 14.00 Wib.

BACA JUGA: 10 Akun FF Sultan Gratis Exp Hari Ini 22 Juni 2024, Aman Anti Hack Back dan Litomplo

Mereka “ngetem” dan berderet secara tertib sepanjang Taman kota untuk mendapat giliran penumpang.

Delman hias di kota Kuda ini berbeda dengan Delman lainnya di berbagai Kota.
Delman Kuningan dikenal sebagai Delman wisata, karena seluruh Delman yang ada di Kota Kuningan, full modifikasi dan variasi. Delman dihiasi bunga plastik warna’warni termasuk lampu hias, hingga kalau malam hari terlihat kerlap-kerlip lampu yang menghiasi Tubuh Delman.

Biaya modifikasi, kata Rifki salah seorang pemilik Delman, menghabiskan hampir Rp 10 juta termasuk sound mini dan Accu. Sedangkan Kuda yang dibeli seharga Rp 25 juta.

Berbeda dengan Sakur (55) salah seorang kusir Delman asal Lebakardin Kuningan. Ia terjun sebagai kusir Delman sejak 30 tahun silam.

Kuda yang dibelinya kala itu hanya Rp 10 juta.

“Sekarang harganya di atas Rp 25 juta belum termasuk aksesoris” tutur bapak dari 3 orang anak dan 1 cucu ini saat ngetem di Tamkot, Jumat malam 21 Juni 2024.

Pengguna jasa Delman wisata ini, lanjut Sakur, ditarif Rp 10 ribu/perorang.
Kapasitas delman bisa 5 orang. Jadi sekali narik bisa 5 orang. Tarif tersebut untuk 1 kali putaran dari mulai Tamkot, Jl. Veteran, Jl. Apidik, Jl. Syekh Maulana Akbar Jl. Siliwangi dan finish di Taman Kota Kuningan.

Dari jasa penumpang ini, kata Mang Sakur, setiap harinya tidak tentu terkadang dapat Rp 100 ribu, bahkan bisa lebih terutama bila hari minggu bersamaan dengan Car Free Day, bisa mencapai RP 150 ribu lebih.

Sebaliknya bila sedang sepi paling tidak Rp 50 ribu terkadang hanya dapat Rp 20 ribu bahkan tidak ada penumpang sama sekali.- *** wawan jr

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version