KORANMANDALA.COM – Pada lomba desa kelurahan, Desa Rancasalak pada klarifikasi Jumat, 21 Juni 2024, dinyatakan oleh tim penilai dari provinsi memenuhi kriteria penilaian lomba.

Penilaian tersebut menempatkan 3 desa masuk 3 besar. Pertama desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Kemudian desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Lalu desa Cikawung, Kabupaten Indramayu.

Pada pleno lomba desa kelurahan yang berlangsung di kantor DPMD Jabar, Jalan Soekarno Hatta Bandung, pada Senin, 1 Juli 2024, Kepala Bidang Pembinaan Desa Asep Nandang Rasidi mengumumkan hasil kejuaraan lomba desa kelurahan.

BACA JUGA: 10 Akun FF Sultan Google Hari Ini 1 Juli 2024, Dapatkan Skin dan Bundle Eksklusif Gratis

Asep Nandang Rasidi menyatakan bahwa dari 13 kabupaten dan 7 kelurahan yang mengikuti lomba desa kelurahan, setelah seleksi administrasi serta paparan dan klarifikasi lapangan, terpilih 3 desa dan 3 kelurahan terbaik di Jawa Barat.

Pada Senin, 1 Juli 2024, hasil lomba diumumkan. Dalam persaingan ketat dari 13 kabupaten dan 7 kelurahan, juara pertama kategori desa diraih oleh Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, berkat administrasi yang memenuhi syarat, hasil dari kerja keras masyarakat dan aparatur desa setempat.

Peringkat kedua diraih oleh Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, dan peringkat ketiga oleh Desa Cikawung, Kecamatan Indramayu.

Untuk kategori kelurahan, juara pertama diraih oleh Kelurahan Leuwigadjah, Kecamatan Cimahi, juara kedua oleh Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, dan juara ketiga oleh Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi.

“Diharapkan dengan terpilihnya 3 desa dan 3 kelurahan terbaik ini dapat memicu inovasi dan peningkatan di desa, sehingga masyarakatnya lebih sejahtera dan mewujudkan Provinsi Emas dan Indonesia Emas pada tahun 2045,” ungkap Asep Nandang.

Kegiatan lomba desa kelurahan ini dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan dari berbagai aspek dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa dan kelurahan lainnya dalam pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.

Dengan terpilihnya Desa Rancasalak sebagai juara pertama, harapan besar disematkan untuk meraih peringkat terbaik tingkat nasional untuk Jawa Barat.- *** rida

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version