KORANMANDALA.COMDalam rangka menyambut Hari Jadi Cirebon yang ke-597, Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar konferensi pers di Ruang Prabayaksa Gedung Setda Balai Kota pada Senin, 1 Juli 2024. Acara ini juga sekaligus memperkenalkan film “Senyum Merah Putih”.

Konferensi pers ini dihadiri oleh Pj Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi, Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon M Arif Kurniawan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, Sutradara Film Senyum Merah Putih Tarmizi Abka, sejumlah aktor, dan berbagai jurnalis.

Pj Sekda Kota Cirebon M Arif Kurniawan, yang juga Ketua Pelaksana Hari Jadi Cirebon ke-597, menjelaskan bahwa peringatan Hari Jadi Cirebon awalnya ditetapkan pada 1 Muharam 791 Hijriah.

Namun, setelah dilakukan kajian ulang, tanggal tersebut diubah menjadi 1 Muharam 849 Hijriah melalui Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2024. Tahun ini, 1 Muharam 1446 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.

Tema perayaan tahun ini adalah “Kota Cirebon Mukti Lan Mulya Selawase”, yang mencerminkan kekayaan sejarah dan pengalaman Kota Cirebon. Tagline “Cirebon Guyub” menggambarkan semangat kebersamaan dan komitmen masyarakat dalam pembangunan kota.

Sejak Mei 2024, serangkaian kegiatan telah digelar sebagai bagian dari peringatan ini, termasuk Cirebon Festival.

Di bulan Juli, berbagai acara menarik seperti Cirebon Great Sale, Gelar Trisula Budaya Sarumban, Bancakan Cirebon, dan Festival Anak Muda akan menghiasi perayaan.

Pada 7 Juli, perayaan akan diawali dengan upacara Hari Jadi Cirebon, prosesi agung, rapat paripurna, peresmian Museum Topeng Cirebon, dan malam puncak perayaan.

“Semoga semangat toleransi dan gotong royong melalui tradisi budaya ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih produktif, kreatif, dan menghargai budaya,” ujar Arif.

Pj Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi berharap rangkaian acara ini dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam mewujudkan visi pembangunan Kota Cirebon yang menyeluruh.

Ia juga meminta dukungan media untuk mempublikasikan kegiatan ini secara luas.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon akan berlangsung hingga 27 Juli, diikuti dengan acara post event seperti Upacara HUT RI, pemutaran film “Senyum Merah Putih”, Cirebon Kustomleng, dan Konser Musik Persembahan Cinta pada bulan Agustus.

Film “Senyum Merah Putih” yang akan tayang pada 17 Agustus, menceritakan perjuangan seorang anak difabel bernama Arya dalam meraih mimpinya.

Film ini diharapkan dapat mempromosikan Cirebon ke tingkat nasional dan meningkatkan citra budaya kota ini. *(Chs)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version