KORANMANDALA.COM – Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, Pj. Bupati Barnas Adjidin terjun langsung bersama masyarakat untuk membersihkan sampah di Sungai Cikendi, Sukamentri, Garut Kota.

Kehadiran PJ Bupati di tengah masyarakat memberikan semangat dan motivasi untuk bersama-sama membersihkan sungai tersebut dari sampah.

Dalam waktu setengah jam, semua sampah berhasil diangkat dan aliran Sungai Cikendi kembali lancar. Pj. Bupati Barnas Ajidin mengungkapkan kegembiraannya melihat kondisi sungai yang bersih dani sampah.

Kesuksesan ini adalah hasil kerja sama antara masyarakat, TNI, POLRI, pegiat lingkungan, serta aparatur desa.

Pj Bupati berharap kegiatan ini terus digalakkan di berbagai tahapan dan segmen di masa depan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jujun Juansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Jujun berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi dilaksanakan secara berkelanjutan, khususnya di area Sungai Cikendi.

“Kegiatan ini bukan seremonial semata, harus dilaksanakan secara berkesinambungan” ungkap Jujun, Rabu 3 Juli 2024.

Sungai Cikendi yang memiliki panjang 3,5 km, mulai dari Cirumput hingga Kelurahan Sukamentri, berhasil dibersihkan oleh 100 personel yang melibatkan berbagai stakeholder.

Komitmen dan fasilitas peralatan serta sarana dan prasarana disiapkan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan akan terus meningkat, sehingga lingkungan yang bersih dan sehat dapat terwujud secara berkelanjutan.- *** rida

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version