KORANMANDALA.COM – Halo Sobat Mandala berikut kami berikan update info seputar jadwal SIM keliling Bandung dan sekitarnya untuk tanggal 13 dan 14 Juni 2024.

Sebagai warga negara yang baik dan taat hukum, urusan memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang sah  merupakan kewajiban bagi seluruh pengendara kendaraan bermotor.

Selain SIM A, SIM C dan SIM B yang sudah kita ketahui, ternyata ada juga jenis SIM lainnya, yaitu SIM C1, SIM C2, SIM D1  serta SIM D2.

Baca juga: TARIK SALDO DANA GRATIS Rp500 Ribu Insentif Prakerja dengan Cara Ini! Agar Klaim ke Dompet Elektronik Berjalan Sukses

Kewajiban memiliki (SIM) telah diatur dalam Pasal 18 (1) UU No. 14 Th 1992 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, dan Pasal 106 ayat 5 UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut peraturan ini, Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan bukti legal seseorang berkendara di jalan dan syarat mutlak saat berada di jalan raya. SIM berlaku di seluruh Indonesia, berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.

Aturan Masa Berlaku SIM

Sesuai dengan Pasal 4 ayat (1) Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2021 tentang PENERBITAN DAN PENANDAAN SURAT IZIN MENGEMUDI yang berbunyi:

“SIM Ranmor Perseorangan dan SIM Ranmor umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a dan huruf b, berlaku selama 5 (lima) tahun terhitung mulai tanggal penerbitan dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya.”

Berdasar aturan diatas, masa berlaku SIM tidak mengikuti tanggal kelahiran pemegang SIM.

Baca juga: LINK DANA KAGET 12 Juni 2024, Begini Cara Klaim Saldo DANA Gratis hingga Rp100 Ribu Sebelum Kehabisan!

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dan memastikan kapan waktu yang tepat untuk melalukan perpanjangan SIM.

Tempat dan Jadwal SIM Keliling Bandung

Seperti kita ketahui, memperpanjang SIM di Kota Bandung sangat mudah dan praktis. Selain itu,  melalui layanan SIM Keliling ini warga dapat memperpanjang SIM tanpa harus antre di kantor SATPAS Polrestabes Bandung.

Oleh karena itu bagi Anda yang berencana memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), baik SIM A maupun SIM C pada tanggal 12 Juni 2024, koranmandala memberikan informasi mengenai tempat dan jadwal SIM keling Bandung  dan sekitarnya sebagai berikut: