KORANMANDALA.COM – Banyak mahasiswa di Indonesia memilih untuk bekerja paruh waktu demi menambah penghasilan dan mengembangkan keterampilan.

Salah satu contohnya adalah Putra (21), mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Langlangbuana yang bekerja paruh waktu sebagai pelayan di salah satu kafe di Bandung.

Bagi Putra, keputusan untuk bekerja part time bukan hanya soal menambah uang saku, tetapi juga sebagai cara untuk mendapatkan pengalaman kerja agar sesudah lulus tidak merasa kaget.

Baca Juga : Bagi-bagi 12 AKUN FF Gratis Masih Aktif 28 Juni 2024 No Hack Evo Gun, Akun Sultan FF Litomplo

“Iya karena gimana ya, buat nambah uang jajan juga. Karena kalau mengandalkan uang dari orang tua, kurang gitu terus sama buat gambaran aja pas udah lulus jadi nggak terasa kaget,” kata Putra, di Bandung, 28 Juni 2024.

Meski harus membagi waktu antara kuliah dan bekerja Putra mengaku telah menemukan cara untuk menyeimbangkan keduanya.

“Biasanya suka atur jadwal kuliah dan kerja dengan baik. Misalnya, kalau ada tugas yang lumayan susah, diusahakan bisa selesai lebih awal supaya nggak mengganggu jadwal kerja,” tambahnya.

Selain kuliah Putra juga aktif sebagai anggota Himpunan Mahasiswa (HIMA) di divisi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk menambah relasi dan pengalaman.

Saat ditanya tentang perasaan dan tantangan ketika jauh dari rumah, Putra mengungkapkan bahwa sering merasa rindu suasana rumah.

“Perasaan jauh dari rumah, ya paling ada rasa kangen-kangennya sedikit sama orang tua. Terus buat tantangan paling rasa kangen sama orang tua, soalnya ngeliat temen-temen bisa pulang ke rumah ketemu orang tua, tapi aku nggak bisa,” ungkapnya.

Diketahui Putra tinggal bersama kerabatnya sehingga bisa meminimalisir pengeluaran agar tidak terlalu besar.*(Rivan/MG)

Sumber:

Editor: Ipan Sopian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version