KORANMANDALA.COM-Bawang putih dan bawang merah bukan lagi rempah-rempah yang asing lagi, bawang bersaudara ini hampir selalu ada dalam setiap masakan yang kita buat sepagai penambah rasa serta aroma.

Bawang putih, kata Nyiti, salah seorang pedagang di Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, telah mengalami kenaikan sebesar 7,95% menjadi Rp 29.825/kg pada 25 Februari 2023. Inienurutnya karena masih bergantungnya Indonesia pada stok impor bawang putih yang masih terkendala masuknya ke Tanah Air. Akibat naiknya komoditas ini, emak-emak yang mau membeli umumnya mengeluh.

“Karena terkait ketersediaan pasokan bawang putih yang mulai berkurang akibat ketergantungan pasokan dari impor luar negeri yang dalam proses perjalanan penyelesaian impornya sampai ke Indonesia,” ucap Nyoto.

“Sekarang emang lagi naik banget ya buat harga bawang-bawang ini, di sini bawang merah asalnya 30.000 naik jadi 36.000 per kilogramnya, bawang putih juga naik dari 24.000 jadi 32.000 per kilogramnya” jelas Yuli (40) salah satu pedagang sayur di Pasar Baleendah.

Menurut dia, harga bawang merah tertinggi berada di Maluku Utara mencapai Rp61.250/kg. Harga bawang merah terendah berada di Bali senilai Rp32.000/kg. Di DKI Jakarta, harga bawang merah diperdagangkan sebesar Rp44.150/kg.

Untuk bawang putih, harga paling mahal berada di Papua Barat sebesar Rp45.000/kg. Harga bawang putih termurah berada di Kepulauan Riau senilai Rp23.800/kg. Sedangkan, harga bawang putih di Jakarta dibanderol sebesar Rp35.000/kg, tertinggi keempat di antara seluruh wilayah.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version