KORANMANDALA.COM-Program mudik gratis merupakan hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri 2023. Kali ini warga Bandung bisa menikmati program mudik gratis yang telah dibuka Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung telah resmi membuka pendaftaran mudik gratis tahun ini secara online atau daring pada 1-10 April 2023.

Program ini dibuat dengan tujuan mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang disebabkan tingginya aktivitas mudik menjelang Lebaran, serta mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) selama berlangsungnya Ramadhan 2023 ini.

Warga Bandung yang ingin merayakan Idul Fitri 1444 H bersama keluarga secara gratis, disarankan untuk segera mendaftar pada program mudik gratis tersebut.

Pada unggahan akun Instagram resmi Dishub Kota Bandung, disebutkan mudik gratis Angkutan Lebaran tahun 2023 menyediakan kuota sebanyak 10 bus, dengan tujuan Ciamis, Sukabumi, Cirebon, Yogyakarta, hingga Solo.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan warga untuk mendaftar program mudik gratis 2023 ini adalah sebagai berikut:

  1.       Setiap peserta harus sudah melakukan Vaksin kedua, sertifikat dilampirkan
  2.       Menyediakan KTP
  3.       Khusus untuk anak berusia 17 tahun ke bawah harus melampirkan Kartu Keluarga

Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada 1 – 10 April 2023 melalui formulir yang dapat diakses pada laman Mudik Gratis Kota Bandung 2023.

Semantara itu, untuk pendaftaran secara offline dimulai tanggal 3 April 2023 dengan mendatangi Kantor Dishub Leuwipanjang dan Booth Boseh di Alun-alun Utara Kota Bandung.

Pendaftaran secara offline pada hari kerja akan dilayani di Kantor Dishub Leuwipanjang pukul 08.00-15.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur akan dilayani di Booth Boseh di Alun-alun Utara Kota Bandung pukul 08.00-15.00 WIB.

Pilihan tujuan dan rute mudik terdiri dari:

  1.       Kota Yogyakarta (via jalur selatan)
  2.       Kota Solo (via tol jalur Semarang)
  3.       Kota Sukabumi (via Cianjur)
  4.       Kota Cirebon (via Sumedang)
  5.       Kabupaten Ciamis (via Singaparna)

Pemberangkatan akan dilakukan serentak dari Balai Kota Bandung pada 15 April 2023, waktu tepatnya akan diinformasikan lebih lanjut.(*)

 

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version