KORANMANDALA.COMMinyak goreng yang telah digunakan akan berubah warna apalagi untuk memasak ikan dan ayam akan berubah warna lebih keruh atau bahkan hingga berwarna hitam.

Tak hanya berubah warna, sisa makanan dan busa dari proses penggorengan bisa membuat minyak berubah warna.

Sebenernya minyak goreng masih layak dipakai  untuk menggoreng dua kali, tetapi jika kondisi minyak sudah berubah warna menjadi hitam dan berbusa maka harus diganti. Di sini ada tips untuk membersihkan lagi.

Minyak goreng bekas ini sebaik nya jangan langsung dibuang, ada cara untuk menjernihkannya.

Ada banyak bahan yang bisa menjernihkan minyak salah satunya yaitu pisang.

Hal ini pernah dibuktikan oleh seorang youtuber diakun sukasuka channel dalam sebuah video dengan judul ‘menjernihkan minyak jelantah dengan buah pisang dan busa’.

Youtuber ini menjelaskan buah pisang harus dihaluskan terlebih dahulu dengan blender. Saat diblender, pastikan kamu mencampur pisang dengan air agar lebih mudah halus.

“Air takaran bebas sesuai feeling kalian aja, semakin banyak air yang dihasilkan maka akan semakin jernih,” ucap youtuber diakun Youtube sukasuka channel.

Setelah itu, tuang minyak kotor dan berbusa kedalam wajan. Lalu panaskan kompor dan panaskan minyak kotor terlebih dahulu. Pastikan suhu minyak jangan terlalu panas apalagi sampai mengeluarkan asap.

Masukan pisang yang sudah diblender tadi ke minyak lalu aduk – aduk. Setelah itu rebus sampai air dari jus mulai menyusut dan volume minyak kembali seperti semula

Setelah busa terlihat berkurang, matikan api dan tunggu sampai dingin. Sisa jus pisang akan menjadi karamel dan menempel diwajan.

Langkah terakhir, saring minyak untuk memisahkan ampas dari jus pisang. Agar sisa ampasnya semakin mengendap, diamkan selama tiga hari dalam kondisi wadah tertutup.

Setelah didiamkan selama tiga hari minyak yang kotor dan berbusa tampak lebih jernih dan bersih.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version