KORANMANDALA.COM-Kurma biasanya menjadi salah satu kudapan awal untuk berbuka puasa saat Ramadhan. Buah ini pun menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma pun memiliki banyak manfaat, sehingga menjadi sunah memakannya ketika awal berbuka puasa oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Kurma merupakan jenis buah yang berasal dari Timur Tengah. Kurma biasanya identik dengan bulan puasa atau Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan manfaat buah Kurma yang baik jika dikonsumsi selama bulan Puasa. Manfaat buah Kurma bisa dirasakan apabila dikonsumsi saat buka puasa maupun saat sahur.

Kurma tidak hanya dirasakan apabila mengonsumsinya setelah buka puasa, karena kurma memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu alasan manfaat Kurma baik bagi kesehatan adalah karena terdapat kandungan Vitamin zat besi, hingga kalsium yang dibutuhkan tubuh saat menjalankan puasa.

Manfaat Kurma :

1. Mengurangi rasa haus, biasanya buah kurma dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Namun manfaat Kurma bisa didapatkan juga jika dimakan saat sahur. Kandungan mineral pada kurma yang cukup tinggi dapat membantu agar tidak cepat merasa haus saat seharian berpuasa. Biasanya saat sahur disarankan untuk mengonsumsi 3 butir Kurma, seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah.

2. Mengurangi Lapar Manfaat Kurma selanjutya yaitu untuk mengurangi rasa lapar. Kandungan serat yang dimiliki Kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma, dapat membuat lebih cepat merasa kenyang. Jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

3. Cepat kembalikan Energi saat berbuka puasa, kita semua disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Karena Kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa.

4. Jaga Pencernaan Manfaat lain karena kandungan serat yang tinggi akan sangat baik bagi saluran pencernaan.

5. Mempersiapkan Pencernaan Saat Berbuka juga tentu akan baik jika dikonsumsi sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat. Karena, Kurma dapat membantu lambung agar tidak kaget. Lambung yang kaget ini dikarenakan kondisi perut yang kosong selama berpuasa.

6. Sumber Energi Cadangan pada saat puasa, biasanya tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisi. Hal ini karena ada perubahan pola makan yang biasanya mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari dan pada saat puasa, hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka. Tentu dengan aktivitas yang banyak, dapat menyebabkan tubuh mengambil berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Mengonsumsi kurma dapat menjadi solusinya. Karena jika rutin mengonsumsi Kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada pada Kurma dapat memberi kalori yang cukup sebagai sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh. Energi ini akan sangat berguna untuk Anda menjalani aktifitas seharian.(*)

 

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version