KORANMANDALA.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau calon penumpang agar mengantisipasi kemacetan di jalan saat perjalanan menuju stasiun.

Imbauan ini disampaikan mengingat momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023 semakin dekat, dan lalu lintas jalan cenderung semakin padat.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengimbau pelanggan memperhatikan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun agar tidak melewatkan keberangkatan kereta api yang telah dipilih.

Baca juga: Polres Majalengka Pantau Arus Mudik di KM 152-166 Tol Cipali

Berdasarkan pantauan KAI pada Minggu, 16 April 2023, tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk keberangkatan di masa Angkutan Lebaran 2023 adalah 2.170.643 tiket (71%) dari total 3.065.404 tiket.

Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan tiket masih terus berlangsung.

Dalam periode sebelum Lebaran Idul Fitri, relasi favorit didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta/Bandung) menuju Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Sementara itu, relasi keberangkatan favorit setelah Lebaran Idul Fitri didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta/Bandung).

Baca juga: Buntut Kritikan Tiktoker awbimaxreborn ke Bupati Lampung, Mahfud MD Tak Tinggal Diam

Argo kereta api yang telah mencapai 100% okupansi, di antaranya KA Airlangga, KA Sri Tanjung, KA Kahuripan, KA Pasundan Tambahan, KA Rajabasa, KA Bengawan, KA Probowangi, KA Bukit Serelo, KA Tawang Alun, KA Ranggajati, hingga KA Jayabaya.

Meski demikian, tiket jarak jauh dari argo KA Argo Bromo Anggrek, KA Argo Dwipangga, KA Argo Parahyangan, KA Sembrani, KA Taksaka, KA Purwojaya, sampai KA Senja Utama Yk masih tersedia pada periode Angkutan Lebaran 2023.

Jika tiket tujuan tertentu habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang memberikan opsi perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version